oleh

PKL Tak Ber-KTP Didenda Rp150 Ribu

Tangerang7.com, Tangerang – Belasan pedagang kaki lima atau PKL mengikuti sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri Tangerang, Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, kemarin. Hakim tunggal dari Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan hukuman berupa denda Rp100 ribu dan Rp150 ribu.

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang Kaonang mengatakan, ada 11 PKL yang disidang karena kedapatan berjualan di area steril sebagaimana termaktub dalam Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 2018 tentang ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. Di mana, para PKL itu berjualan di bahu jalan dan fasilitas umum.

11 PKL terjaring razia di Jalan Ki Asnawi dan Jalan Benteng Jaya, Kecamatan Tangerang. PKL-PKL tersebut nekat berjualan di tempat yang tidak sesuai peruntukan seperti badan jalan, trotoar, saluran air, taman, dan jalur hijau.

“Mereka yang terjaring operasi bidang Gakkumda langsung dihadirkan ke Pengadilan Negeri Tangerang untuk disidang oleh hakim dan jaksa,” ujar Kaonang, Jumat (5/4/2019).

Adapun jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Tangerang yakni Erlangga dan hakim Serlywati. Pelanggar yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) didenda Rp100 ribu, sementara yang tidak dapat menunjukkan KTP Rp150 ribu. Dalam sidang itu terdapat enam pelanggar tak ber-KTP dan berdalih ketinggalan di rumah.

‚ÄúDalam perda ditegaskan hukuman denda maksimal lima juta rupiah. Bila nanti masih berjualan kembali di tempat yang dinyatakan dilarang, maka akan didenda lebih tinggi,” tandas Serlywati. (fdy)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya