oleh

Petugas Temukan Usus Ayam Berformalin di Pasar

Tangerang7.com, Cikupa – Usus ayam mengandung formalin beredar di pasaran. Hal itu diketahui saat petugas gabungan melakukan razia makanan di Pasar Cikupa dan Pasar Sentiong, Kabupaten Tangerang, Selasa (7/5/2019).

Petugas mengambil sampel dan menguji kandungan pangan siap saji dengan menggunakan alat tes cepat atau rapid test kit. Alhasil, 4 dari 34 item sampel diduga positif mengandung bahan berbahaya. Yakni formalin pada usus ayam serta rhodamin B pada pacar cina dan terasi.

“Kegiatan ini merupakan pengawasan takjil (makanan untuk berbuka puasa) dan pangan selama Ramadan. Kami bersinergi dengan Pemkab Tangerang,” kata Wydia Savitri, Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Tangerang.

Selain usus ayam berformalin serta pacar cina dan terasi mengandung rhodamin B, petugas menemukan 1 item pangan dengan kemasan rusak, 10 item pangan tanpa izin edar atau ilegal, dan 7 item pangan tidak memenuhi ketentuan label.

“Total (nilai barang yang diamankan) mencapai 4,5 juta rupiah,” jelas Wydia.

Ia mengatakan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tangerang dilibatkan dalam operasi tersebut. Mulai dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga Badan Pusat Statistik.

“Ini bentuk pengawasan rutin di pasar swalayan dan pasar tradisional, hari ini di wilayah Cikupa dan Balaraja,” pungkas Wydia. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya