oleh

Petugas Pemeriksa Waspadai 4 Penyakit pada Hewan Kurban

Tangerang7.com, Tigaraksa – Sebanyak 87 petugas pemeriksa hewan kurban Iduladha 1440 Hijriah diterjunkan ke 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang. Tim pemeriksa diterjunkan sebagai antisipasi sejumlah penyakit menular pada hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteliner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Febya Satyaningsih mengatakan, penyakit yang perlu diwaspadai adalah antraks, infeksi bakteri Brucella, infeksi cacing (helminthiasis), dan sariawan pada bagian mulut (orf).

Adapun penyakit mulut dan kuku pada hewan kurban, menurut Febya, sudah tidak ada. “Negara kita sudah bebas penyakit tersebut sejak tahun 1986,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (29/7/2019).

BACA JUGA:  Panitia Kurban Diimbau Tak Pakai Kantong Plastik Hitam

Febya menjelaskan, pemeriksa hewan kurban terdiri dari 13 dokter hewan, 3 paramedik veteriner, serta puluhan petugas lapangan. Tim ini melakukan pemeriksaan dengan mendatangi tempat penampungan hewan kurban di Kabupaten Tangerang.

Petugas akan melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan kurban seperti kambing, domba, sapi, dan kerbau. Tahap pemeriksaan akan dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban dan tempat pemotongan hewan. Kegiatan mulai dilaksanakan pada 6 Agustus mendatang.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali, yakni pemeriksaan prapemotongan dan pemeriksaan pascapemotongan. “Sampai pemotongan selesai tim kami bekerja untuk memastikan daging yang dipotong benar-benar layak konsumsi,” kata Febya. (mg-1/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya