oleh

Petugas Gabungan Razia Rumah Buah dan Hypermart Gading Serpong

Tangerang7.com, Kelapa Dua – Dua sarana ritel modern di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dirazia petugas gabungan. Operasi dalam rangka pengawalan keamanan pangan selama Ramadan 1440 Hijriah ini dipimpin Kepala Kantor BPOM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri.

Razia pada Selasa (21/5/2019), melibatkan OPD terkait seperti DPKP Provinsi Banten, Disperindag Kabupaten Tangerang, dan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Petugas menyisir sejumlah pangan di Rumah Buah dan Hypermart Gading Serpong. Alhasil, ditemukan makanan tanpa izin edar, kemasan rusak, hingga tidak memenuhi ketentuan label.

“Ditemukan 2 item produk pangan olahan tanpa izin edar, 4 item pangan olahan dengan kemasan rusak, dan 67 item pangan olahan tidak memenuhi ketentuan label. Kemudian dilakukan juga sampling pangan yang diuji dengan rapid test kit pada 15 sampel pangan, dengan hasil memenuhi syarat,” jelas Wydia.

(Dokumentasi BPOM di Kabupaten Tangerang)

Adapun nilai jual produk pangan yang diamankan sebesar Rp 53,9 juta. Wydia menegaskan, produk yang tidak memenuhi ketentuan label belum tentu palsu. Pasalnya, dikategorikan tidak memenuhi syarat bisa saja karena masa berlaku izin edar sudah habis dan sudah ada izin edar baru, tetapi masih mencantumkan nomor lama.

“Atau bisa karena makanan tapi dia cantumkan khasiat. Jadi, tergantung masalahnya apa,” tandas Wydia.

Ia pun mengimbau agar masyarakat senantiasa cerdas sebelum membeli dengan selalu melakukan cek KLIK. Yakni akronim dari cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 comments

  1. mungkin suplayer jg harus diberi pengertian tentang peraturan pemerintah, spy brg yg disuplai tdk bermasalah

    1. Terima kasih atas masukannya. sudah ada pedoman untuk sarana ritel yang menjual. dan jika melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai ketentuan.
      kami menghimbau masyarakat dan pelaku usaha senantiasa cerdas memilih produk pangan dengan selalu CEK KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, Kedaluarsa) sebelum membeli atau menjual.

  2. Yang terutama BPOM jangan hanya melakukan operasi razia di bulan2 tertentu saja, apalagi melakukannya di pasar modern, karena biar bagaimanapun pasar modern sudah lebih teliti walaupun masih ada satu dua produk yang mungkin terlewat dari pengawasan mereka, ya wajar, nah kalau di pasar tradisional itu, dari makanan basah yang berformalin daging yang dilumuri pewarna dan makanan yang tidak ada label atau tanggal kadaluarsanyaa, itu dan masyarakat banyak yang mengkonsumsinya, itu yang lebih harus diawasi terus.

  3. konsumen juga hrus jeli setiap membeli produk, bila ad hal yg tdk ssuai lgsg pnggil ptugas hypermart nya..itu membantu mereka juga untuk lebih ketat lagi melihat produk yg di pajang

  4. slma blnja di hypermart sih saya blm prnh ya dpt mknan atau produk yg udh expired…ya namanya jga manusia kan pasti ada luput nya juga, bgtu jg dgn karyawan2 hypermart nya…kita juga sbgi konsumen atau pmbeli mestinya juga lebih jeli klu mau beli produk

Berita Lainnya