oleh

Peserta Festival dan Lomba SKJ Djadoel di Cilegon Lampaui Target

Tangerang7.com, Kota Cilegon – Lebih dari 2.000 orang tumplak di Alun-alun Kota Cilegon, Sabtu (30/11/2019). Alun-alun kebanggaan warga Cilegon ini pun berubah menjadi berwarna-warni dengan beragam kostum olahraga yang dikenakan warga.

Ribuan massa dari berbagai penjuru Kota Cilegon dan sekitarnya ini punya satu tujuan, yakni ikut Festival dan Lomba Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Djadoel yang diselenggarakan Kemenpora RI bersama Persani Kota Cilegon.

“Alhamdulillah, pesertanya melebihi dari harapan kami. Target kami sebenarnya 2.000-an, tapi yang hadir di atas angka 2.000. Melihat padatnya massa, hitungan kami di atas 2.500 peserta yang hadir,” kata Ketua Panitia Dianing Arista Puspitasari, usai acara.

Menurut Arista yang juga Ketua Persani Kota Cilegon, peserta terbanyak datang dari komunitas-komunitas senam di Cilegon. Apakah itu komunitas senam yang ada di kecamatan, kelurahan, atau komunitas yang berada di bawah naungan sanggar-sanggar senam.

“Yang mendaftar secara resmi untuk ikut lomba sekitar 1.500 orang, karena tercatat di kepanitiaan. Nah sisanya adalah penggemar SKJ Djadoel yang ikut senam massal saja. Maklum saja, SKJ ini adalah senam yang sangat fenomenal di tahun 1980-an. Jadi banyak peserta senam massal tadi adalah orang-orang yang ingin bernostalgia dengan SKJ Djadoel,” papar Arista.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengembangan Pusat Kebugaran Kemenpora Sri Maryati, mengaku puas dengan animo yang diperlihatkan masyarakat Banten, khususnya Cilegon.

Melihat membeludaknya warga, Maryati yakin SKJ Djadoel masih ada tempat di hati masyarakat. Selain itu, keinginan masyarakat Cilegon untuk sehat masih sangat tinggi.

Untuk diketahui, tahun 2019 ini Kemenpora melalui Deputi Pemberdayaan Olahraga kembali mengangkat SKJ ke permukaan di semua provinsi di Indonesia, termasuk di Banten. Di Banten, senam rakyat ini digelar di Kota Tangerang dan Kota Cilegon. Temanya sama dengan daerah-daerah lain yaitu Festival dan Lomba SKJ Djadoel.

Di Kota Cilegon, Festival dan Lomba SKJ Djadoel yang digelar hari ini dipercayakan ke Persani Kota Cilegon yang didukung oleh Pemkot Cilegon, Formi Cilegon, Club Senam Zea Fit and Fun Cilegon, dan IOSKI Banten. Sementara di Kota Tangerang telah digelar pada Oktober lalu.

Selain senam massal dan lomba SKJ Djadoel, peserta juga dihibur dengan senam poco-poco secara bersama-sama. Juga ada hiburan dari para instruktur Zea Club Fit and Fun yang memandu Dance Mix Eksplore sebagai wujud cinta negeri dengan membawakan gerakan dari lagu-lagu daerah yang dikemas dalam gerakan-gerakan sehat.

Berdasarkan data, Kota Cilegon merupakan kota ke-33 dari 34 kota yang menjadi bagian dari program besar Kemenpora mengangkat kembali SKJ Djadoel di tanah air. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya