oleh

Penataan Cisadane, Upaya Pemkot Berinovasi Kembangkan Potensi Kota

Tangerang7.com – Kota Tangerang terus berinovasi, membangun dan mengembangkan potensi kota dan masyarakat Kota Tangerang. Penataan Cisadane adalah salah satu bentuk inovasi itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, kata Arief, Kota Tangerang harus terus berinovasi, membangun dan mengembangkan potensi kota dan masyarakat Tangerang. Apalagi, Kota Tangerang sebagai pintu gerbang Indonesia, karena Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk wilayah kota ini.

Kota ini juga sudah biasa dengan sebutan Kota Seribu Industri karena banyaknya industri bercokol di sana. “Kota Tangerang harus terus menata kotanya menjadi semakin layak huni, layak investasi, dan layak dikunjungi, dan e-city,” kata Arief, beberapa waktu lalu.

Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai di Tatar Pasundan. Sungai sepanjang sekitar 126 kilometer berhulu di kawasan pegunungan di Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat dan hilir di Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang.

Sejak abad ke-16 sungai ini dapat dilayari kapal dan menjadi urat nadi transportasi perdagangan beragam produk dan komoditi, seperti pasir, kerikil, balok kayu, garam, dan berbagai komoditi pertanian serta hasil olahannya.

Menelusuri bantaran Sungai Cisadane, mulai dari pusat pendidikan Cikokol, pengunjung akan menikmati suasana taman dan taman jajan di pinggir sungai. Taman Gajah Tunggal berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang.

Di taman yang merupakan partisipasi perusahaan ban Gajah Tunggal menyediakan ruang terbuka hijau bagi warga. Pernak-pernik unik, termasuk wahana permainan anak karena terbuat dari ban bekas.

Meluncur ke arah utara, terdapat Kampung Bekelir di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang. Kawasan yang awalnya merupakan kampung kumuh telah diubah menjadi kampung warna-warni dan penuh dengan mural.

Atas rumah warga dicat berwarna-warni dan ada 1.121 gambar dan mural melekat pada dinding rumah warga. Tampak indah dan menawan dengan hadirnya gamar dari 210 seniman.

Berjalan kakilah ke utara, terdapat Flying River Deck di Jalan Kalipasir Indah, Kecamatan Tangerang. Di tempat wisata ini, pengunjung seolah mengapung di atas sungai Cisadane sepanjang sekitar 100 meter itu. Tempatnya sejuk dan rindang. Terdapat juga taman dan tempat duduk yang ditata menyatu dengan beberapa karya seni kontemporer dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

Semakin ke bawah. Temukan tempat yang intagramable di Cisadane Walk di Jalan Benteng Makassar, Kecamatan Tangerang. Di tempat ini sebuah tulisan Cisadane terpajang sebagai tempat swafoto yang baik. Selain menikmati swafoto, pengunjung bisa mengetahui, kalau di tempat ini terdapat benteng yang bernilai sejarah tinggi.

Di sekitaran Jalan Dadang Suprapto, Gerendeng, Karawaci terdapat Taman Dayung. Tanaman ini dipilih karena lokasinya dekat dengan Sungai Cisadane. Selain itu di lokasi ini kerap dijadikan sebagai tempat pelatihan mendayung oleh para atlet dayung.

Ada juga Taman Nobar di Jalan Berhias, Kelurahan Gerendeng. Di tempat ini warga dapat menggelar berbagai kegiatan khususnya nonton bareng. Taman seluas 60 meter persegi ini dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai teater terbuka. Tersedia tribun yang bisa digunakan para penonton.

Jika menelusuri sepanjang jalan Kalipasir, yang berada di bentaran Sungai Cisadane, mulai dari Kampung Bekelir hingga Cisadane Walk, banyak berjejeran tempat kuliner dengan konsep modern dan milenial, seperti restoran, warung makan, dan warung kopi, hingga kafe. Terbangunnya tempat nongkrong ini seiring dengan penataan kawasan bantaran Sungai Cisadane.

Tak hanya di tempat itu, Pemerintah Kota Tangerang membangun Taman Jajan Teras Cisadane di Gerendeng. Taman jajan ini mengusung tema betawi dengan menghadirkan ondel – ondel sebagai Landkmark di pinggir Sungai Cisadane.

Salah satu kuliner khas di taman Jajan Teras Cisadane adalah sate manis khas Gerendeng. Sate ini berbeda dengan kebanyakan sate lainnya. Sate dengan daging sapi ini hanya menggunakan bumbu resep keluarga dan direndam sebelum dibakar. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya