oleh

Pemuka Agama Berkumpul, Mengajarkan Toleransi di Hari Imlek

Tangerang7.com, Pamulang – Dalam perayaan Imlek,  kelenteng dan vihara tidak hanya dikunjungi masyarakat yang sembahyang. Banyak juga masyarakat yang hadir untuk menanamkan nilai toleransi dan keberagaman.

Salah satunya terlihat di Vihara Kwan In Thang/Avalokitesvara, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Senin (04/02/2019) lalu. Sejumlah pemuka agama dari Islam, Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu berkumpul di sana.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Abdul Rozak mengatakan, hadirnya para tokoh agama merupakan cerminan dari saling menghargainya antarumat agama di wilayah ini.

“Hadir dari Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Ini menunjukkan bahwa Tangsel daerah yang toleran, moderat dan guyub. Jadi perayaan agama apapun kita dukung bersama agar berjalan tertib dan damai,” ucapnya.

Menurut dia, toleransi seperti itu sudah sepatutnya dijunjung tinggi oleh pengikut dari masing-masing agama. Permusuhan yang diakibatkan oleh agama hanya menimbulkan perpecahan dan peperangan, karena persoalan agama adalah hak pribadi seseorang yang tidak bisa dipaksakan.

Rozak menuturkan bahwa perayaan agama merupakan kebutuhan tetinggi manusia yang dipercaya oleh agama mereka.

“Perayaan setiap agama itu adalah aktualisasi keyakinan dari ajaran yang mereka anut. Terlepas dari perbedaan masing-masing agama sudah sepatutnya umat beragama yang ada di Kota Tangsel turut mendukung dari perayaan agama agar berjalan tertib,” lanjut Rozak. (isb/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya