oleh

Pemkot Tangsel Gratiskan Darah, Syaratnya Sangat Mudah

PAMULANG – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Makin dimanjakan pemerintah daerah setempat. Bagaimana tidak, Pemerintah Kota Tangsel mengeluarkan kebijakan menggratiskan darah.

Peluncuran (launching) Pembiayaan Pengolahan Darah Gratis dirangkai dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tingkat Kota Tangsel. Bertempat di Lapangan Kecamatan Pamulang, Minggu (25/11/2018). Momentum itu juga sekaligus pembukaan Gebyar Jumantik.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, masyarakat Kota Tangsel dibebaskan biaya untuk memperoleh darah. Penggunaan darah gratis ini berlaku di RSUD Kota Tangsel dan rumah sakit swasta yang bekerjasama dengan Pemkot Tangsel.

“Kebijakan ini diambil untuk menjamin pemenuhan kebutuhan darah bagi masyarakat Tangsel yang membutuhkan,” tandas Airin.

Ia menjelaskan, layanan tersebut bisa didapatkan warga Tangsel, khususnya yang sudah ber-KTP Kota Tangsel. Warga bisa secara gratis mendapatkan pengolahan darah dan kantung darah.

“Hanya menunjukan KTP Tangsel, biaya darah yang menanggung Pemkot Tangsel. Namun saya meminta agar semua kader ikut aktif melakukan donor darah, sehingga kebutuhan akan darah di Tangsel dapat tersedia dan terpenuhi,” imbuh Airin.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Tangsel Suhara Manulang mengatakan, idealnya ketersediaan darah secara statistik itu dua persen dari jumlah penduduk. Dalam hal ini, 3.000 kantung dengan anggaran Rp5 miliar.

“Untuk saat ini kita baru 1.500 di Tangsel. Tapi kita bekerjasama dengan PMI di daerah lain, seperti PMI Kota Tangerang, PMI DKI Jakarta,” tutur Suhara. (rls/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya