oleh

Pemkab Tangerang Beri Bantuan 6 Ton Benih Padi ke Petani

Tangerang7.com, Mauk – Puluhan kelompok tani di Kabupaten Tangerang mendapat bantuan benih padi dari pemerintah. Sebanyak 6 ton benih padi dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

Penyerahan bantuan bagi pesawah itu dilakukan di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Selasa (3/12/2019). Adapun penerima bantuan terdiri dari 40 kelompok tani. Pasalnya, akibat kemarau panjang beberapa bulan terakhir ini, para petani tersebut tidak menikmati hasil panen karena mengalami puso.

Asisten Bidang Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan mengatakan, pembangunan di bidang pertanian secara berkelanjutan merupakan hal mendasar untuk dilakukan. Selain memenuhi kebutuhan pangan, memperluas lapangan kerja, dan mengentaskan kemiskinan.

“Untuk itu kita bantu para petani yang terkena dampak kekeringan dan gagal panen, membantu mereka akan kerugian dampak kemarau panjang,” ujar Yusuf dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian merupakan upaya pemerintah mewujudkan swasembada pangan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang. Selain beras, hasil pertanian hortikultura juga terus dikembangkan.

“Saat ini sudah mulai turun hujan, mudah-mudahan bantuan ini dirasakan optimal untuk membantu kelompok tani dalam memaksimalkan musim tanam,” kata Yusuf.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menjelaskan, luas persawahan di Kabupaten Tangerang lebih kurang 36 ribu hektare. Adapun bantuan 6 ton benih padi dari cadangan benih daerah itu akan ditanam di 240 hektare sawah yang mengalami gagal panen pada 2019.

“Kita salurkan saat ini enam ton benih padi hasil penangkaran di Balai Benih Kabupaten Tangerang, untuk 40 kelompok tani yang ada di wilayah,” kata Aziz. (rls/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya