oleh

Pemkab Tangerang akan Bubarkan 242 Koperasi Gelap

Tangerang7.com, Tigaraksa – Ratusan koperasi gelap tersebar di Kabupaten Tangerang. Sebanyak 242 koperasi tidak memiliki kantor dan kepengurusan tidak jelas. Dinas Koperasi dan Usasa Mikro Kabupaten Tangerang sudah melakukan verifikasi faktual.

Kepala Bidang Koperasi Dinkop dan UM Kabupaten Tangerang Ratnawati mengatakan, sejauh ini baru terdata 300 koperasi aktif di kabupaten dengan 28 kelurahan dan 246 desa itu. Adapun upaya pendataan dan verifikasi terus dilakukan. Sekitar 600 koperasi tengah dalam proses verifikasi, baik administrasi maupun faktual.

“Sampai saat ini kami menemukan sebanyak 242 koperasi yang tidak jelas, tidak punya kantor, dan keberadaan pengurusnya tidak diketahui. Semuanya pasti dibubarkan, tinggal menunggu waktu saja,” jelas Ratna saat dikonfirmasi Tangerang7.com, Senin (11/3/2019).

Menurutnya, proses pembubaran sudah dilakukan. Melalui tim pembubaran diawali dengan verifikasi lapangan dengan pengumuman melalui pihak kecamatan dan ditindaklanjuti ke desa atau kelurahan. Jangka waktu yang diberikan hingga dua bulan.

Apabila dalam waktu tersebut tidak ada tanggapan, baik dari pengurus atau anggota, maka tim pembubaran membuat berita acara yang akan disampaikan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk menyampaikan usulan pembubaran koperasi. Tim pembubaran melampirkan akta pendirian koperasi asli.

“Jumlah koperasi yang sudah terverifikasi ada 300 lembaga, serta masih ada 600 yang dalam proses pendataan. Verifikasi melibatkan pihak desa dan kelurahan di 29 kecamatan,” tandas Ratna. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya