oleh

Pelajar SMP Dikenalkan Olahraga Rekreasi Tradisional

Tangerang7.com, Cikupa– Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi Banten menggelar sosialisasi olahraga tradisional di Sekolah Al-Azhar Syifa Budi, Cikupa Kabupaten Tangerang, Rabu (01/05/2019).

Peserta sosialisasi berasal dari siswa SMP dari belasan sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Sosialisasi ini didasari prinsip bahwa pelestarian olahraga tradisional yang menjadi warisan budaya luhur adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat. Terlebih, mereka yang memiliki kecintaan terhadap olahraga tradisional.

Ketua FORMI Provinsi Banten Ahmad Subadri mengatakan, olahraga tradisional memiliki peran penting karena memiliki sejumlah fungsi. Selain membuat tubuh sehat dan bugar, juga menumbuhkan nilai budaya di tengah masyarakat.

“Olahraga tradisional ini sekaligus olahraga rekreasi. Ini dapat membentuk karakter masyarakat. Oleh karena itu, FORMI harus menyosialisasikan kepada masyarakat dan pelajar agar kembali mengingat olahraga tradisional,” ujar Ahmad Subadri.

Menurut pria yang akrab disapa Haji Badri, saat ini olahraga tradisional nyaris tak dikenal generasi muda. Mereka sudah ditenggelamkan dengan permainan atau olahraga moderen.

“Kita harus lestarikan olahraga tradisional seperti egrang, dagongan, gobak sodor, bebentengan. Selain itu, ada juga olahraga petualangan dan tantangan seperti skateboard dan sepeda BMX,” kata Haji Badri.

Dia menambahkan anak muda sekarang kebanyakan lebih betah berolahraga jempol, yaitu berselancar di dunia maya atau media sosial. Olahraga tradisional nyaris tidak dikenal.

“Maka dari itu mari kita bersama-sama lestarikan kembali olahraga tradisional,” ujarnya.

Peserta sosialisasi sangat antusias  dan merasa senang mendengarkan materi  dari Haji Badri. “Dengan adanya sosialisasi ini saya dan teman-teman jadi memahami apa itu olahraga tradisional. Daripada kita asyik sendiri main HP, lebih baik kita kembangkan bakat,” ujar Aurel Zaskiya, salah satu peserta sosialisasi. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya