oleh

Pejabat Pemerintah Kota Tangerang Panen Pakcoy

Tangerang7.com, Tangerang – Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah Pemerintah Kota Tangerang memanen sayuran organik jenis pakcoy, Jumat (17/1/2020).

Pakcoy atau juga dikenal sebagai sawi sendok itu ditanam di halaman Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada Desember 2019 lalu. Herman menyebut, sayur tersebut ditanam dengan metode hidroponik, di mana memanfaatkan area terbuka di kantor pemerintah.

“Sekaligus memberikan contoh kepada pegawai pemkot untuk pemanfaatan lahan terbatas di tempat tinggalnya,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Herman menjelaskan, berhidroponik tidak butuh lahan yang luas. Selain itu, waktu tanam hingga panen juga cukup singkat. “Hanya 20 hari sudah bisa panen,” ujar dia.

Dia mengakui, pemanfaatan lahan dengan menanam tanaman organik menggunakan metode hidroponik telah diterapkan di sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Tangerang. “Total ada 48 KWT yang tersebar di 13 kecamatan Kota Tangerang,” jelas Herman.

Dia berharap, agar pemanfaatan lahan dengan menaman tanaman organik bisa diikuti pula oleh masyarakat luas dan tidak terbatas hanya di KWT saja. “Selain lebih sehat, juga bisa menghemat biaya pengeluaran belanja sayur-sayuran,” pungkas dia. (rls/fdy/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya