oleh

Patroli Sampah Banksasuci Ikut Aktif Tegakkan Perda Nomor 3/2009

Tangerang7.com, Cibodas – Geliat Banksasuci makin terlihat dari waktu ke waktu, terutama yang berurusan dengan pelestarian lingkungan.

Banksasuci membentuk relawan peduli sampah yang nantinya turut aktif melakukan sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Sampah. Relawan yang di dalamnya terdiri atas mahasiswa dan mahasiswi itu bernama Patroli Sampah Banksasuci.

Patroli Sampah Banksasuci ini dikukuhkan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat kegiatan ‘aksi lingkungan hidup’ di Riverfront Edu Center Banksasuci, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan ini selain ikut menyemarakkan HUT ke-27 Kota Tangerang, juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020.

Menurut Ketua Banksasuci Ade Yunus, relawan sampah ini dibentuk untuk mengajak dan membangkitkan semangat masyarakat agar memiliki kepedulian pada lingkungan hidup.

“Perannya selain mengedukasi masyarakat, mensosialisasikan Perda Nomor 3, juga mendokumentasikan dan melaporkan masyarakat yang buang sampah sembarangan agar dikenakan sanksi,” jelas Ade.

Ade mengatakan, dalam Perda Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Sampah, terdapat sanksi yang dikenakan bagi pembuang sampah sembarangan. Masyarakat yang buang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi berupa tiga bulan kurungan dan denda Rp 50 juta.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Pemkot Tangerang terus berupaya menjaga kebersihan dan melakukan pengelolaan lingkungan, khususnya sampah.

Arief berharap masyarakat turut andil dalam pengelolaan sampah. Sebab, penanganan sampah adalah tanggung jawab bersama. Bukan hanya pemerintah. “Tapi juga butuh peran serta masyarakat,” ujar Arief.

Arief mengapresiasi Banksasuci yang peduli terhadap lingkungan. “Yuk kita jaga kebersihan lingkungan seperti yang telah dilakukan Banksasuci. Nggak usah jauh-jauh outbound keluar kota, di sini juga sudah kaya di puncak,” puji Arief.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Dandim 0506/TGR Letkol (inf) Wisnu Kurniawan, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto, sejumlah kepala OPD, camat, dan lurah. (rls/kam/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *