oleh

Parfum Ilegal Ditemukan di Supermall Karawaci, Diimpor dari Sejumlah Negara

Tangerang7.com, Kelapa Dua – Badan POM di Kabupaten Tangerang melakukan penyisiran sarana distribusi kosmetik di Supermall Karawaci, Kelapa Dua, Selasa (13/8/2019). Tujuannya, untuk melindungi masyarakat dari bahaya peredaran dan penggunaan kosmetik ilegal.

Alhasil, petugas menemukan salah satu toko kosmetik yang menjual berbagai jenis parfum tanpa izin edar. Ironinya, parfum-parfum di toko LP itu merupakan produk impor dari sejumlah negara. Mulai dari Prancis, Italia, India, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, hingga Arab Saudi.

“Dalam kegiatan ini ditemukan kosmetik tanpa izin edar yang merupakan produk impor,” kata Kepala Badan POM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri.

Tak tanggung-tanggung, petugas dari Badan POM di Kabupaten Tangerang mengamankan sebanyak 214 item kosmetik ilegal dari pusat perbelanjaan ternama itu. Menurut Wydia, nilai jual dari seluruh parfum tersebut mencapai Rp580 juta. “Produk tanpa izin edar diamankan petugas untuk tindak lanjut,” ujar Wydia.

Kepada petugas, karyawan toko LP mengaku pemilik sarana distribusi kosmetik ini sudah berganti. Namun, ia tidak dapat menunjukkan bukti. Selain itu, ia mengetahui jika pada 2018 lalu petugas Badan POM pernah mengamankan produk serupa dan pemilik toko LP diberikan sanksi peringatan keras.

“Modus operandi pelaku adalah mengimpor produk parfum tanpa izin edar untuk dijual dan mencari keuntungan. Saat ini pemilik sarana dalam keadaan sakit sehingga tidak bisa diklarifikasi,” tutur Wydia.

Atas temuan itu, dia mengimbau masyarakat agar lebih peduli dan berhati-hati dengan penggunaan kosmetik, terutama yang ilegal. “Karenanya jadilah konsumen cerdas dengan selalu mengingat Cek KLIK (cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa,” pungkas Wydia. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya