oleh

Pangdam Jaya dan Bupati Tangerang Panen Melon di Teluknaga

Tangerang7.com, Teluknaga – Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
panen raya hortikultura buah melon di Kampung Pangkalan, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Jumat (8/5/2020).

Panen raya ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi pandemi covid-19. “Ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan,” kata Pangdam Jaya.

Dikatakan, sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program ketahanan nasional dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Pembukaan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai sejak Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT ASG. Luas tanah yang digarap sekitar 300 hektare, berlokasi di Desa Pangkalan, Desa Angus, dan Desa Tanjung Burung.

Dari luas lahan 300 hektare yang telah digarap kurang lebih 50 hektare yang sudah ditanami melon, labu, sayur bayam, sayur caesim, padi tradisional, rumput gajah, dan padi mekanisasi.

Ia menjelaskan bahwa pihak Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan petani bisa hidup lebih layak.

Pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluknaga, Kelompok tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluknaga Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang.

Sementara, kegiatan panen hortikultura buah melon ini diadakan agar dapat dijadikan motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan Kodam Jaya.

“Harapannya, ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani di wilayah Teluknaga,” ujarnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan syukur Alhamdulillah di tengah-tengah kondisi cuaca dan tantangan sosial ekonomi yang dihadapi saat ini. “Kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa panen raya.
Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah membina petani mengolah lahan yang tidak produktif menjadi produktif,” ungkapnya.

Zaki yang mengenakan jaos berwarna ungu bertuliskan bersama lawan corona bahwa wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian Pemkab Tangerang terus menggalajkan ketahanan pangan yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

Pada acara tersebut, hadir juga Dirjen Tanam Pangan Kementerian Pertanian RI Suwandi, Asterdamjaya Kolonel Inf Jacky Aristanto, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian pada Kementerian Pertanian RI Dedi Nursyamsi, Danrem 05/Wijayakhrama, Kolonel Inf Tri Budi Utomo, Dandim 0506/ Tangerang. (rls/t7/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya