oleh

Paket Sembako Murah Mulai Rp35 Ribu di Pasar Lingkungan

Tangerang7.com, Batuceper – Mendekati Idul Fitri, harga sejumlah bahan kebutuhan pangan di pasaran masih lebih tinggi daripada harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah. Operasi pasar pun dilakukan untuk menstabilkan harga.

Seperti digelar di Pasar Lingkungan Kelurahan Batuceper, Kota Tangerang, Senin (27/05/2019). Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) bersama PD Pasar Kota Tangerang menyediakan bahan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

Salah seorang warga Batuceper, Kahfi, mengaku terbantu secara ekonomi dengan adanya pasar murah tersebut. Ia sengaja datang membeli sembako untuk kebutuhan di hari lebaran.

“Semua lumayan murah-murah,” terang Kahfi.

Adapun paket sembako murah yang ditawarkan yakni mulai dari Rp35 ribu dengan isi di dalamnya seperti sirup, gula, margarin, minyak goreng dan mi instan. Dia berharap penyelenggaraan pasar murah tersebut dapat dilakukan bukan hanya di bulan Ramadan saja.

“Mudah-mudahan bisa membantu warga di bulan-bulan selanjutnya,” harapnya.

Sementara itu, hasil inspeksi pasar yang dilakukan Ombudsman di seluruh Indonesia pada 17 Mei 2019, ada 10 komoditas yang dicek ketersediaannya, di antaranya beras, bawang putih, gula, daging sapi, dan daging ayam broiler.

Harga daging sapi lokal masih bertahan tinggi di harga Rp120.000  per kilogram, sedangkan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah adalah Rp80.000.

Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, sudah ada pasokan daging beku impor dan daging kerbau. Ini bisa digunakan untuk mengantisipasi naiknya harga daging sapi lokal.

Ia mengimbau pemerintah untuk memenuhi ketersediaan pasokan menjelang Lebaran 2019 guna menjaga stabilitas harga pangan di pasar.

“Paling tidak, pasokan ke pedagang lancar pada H-10 Lebaran sehingga harga tidak melonjak. Secara umum, harga beberapa komoditas yang naik menjelang Ramadhan sudah mulai turun,” kata Ahmad seperti dilansir Kompas.id.

Sementara itu, harga bawang putih pun kini berangsur turun. Pada awal Ramadan, harga bawang putih sempat menyentuh angka Rp 80.000-Rp 100.000 per kilogram.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga bawang putih pada pekan keempat Mei 2019 ada di angka Rp42.000-Rp45.200 per kilogram. Angka ini masih di atas HET, yakni Rp32.000.

“Saya kira untuk special season (musim khusus seperti Lebaran), kenaikan harga masih normal. Sebab, permintaan memang melonjak saat hari raya. Yang penting adalah persediaan yang memadai dan tidak ada yang ’bermain’,” kata Ahmad. (odo/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya