oleh

Optimalkan Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Implementasikan QR Code

Tangerang7.com, Tangerang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten mengimplementasikan aplikasi Quick Response Code atau QR Code di lima tempat pelayanan imigrasi di Provinsi Banten. Aplikasi QR Code akan terpasang di smart phone petugas imigrasi dan tim pengawasan orang asing.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Sutrisman mengatakan, QR Code merupakan sebuah kode matriks yang memuat berbagai informasi data-data orang asing bahkan nomor induk petugas pendaratan. Melalui aplikasi tersebut keberadaan orang asing akan lebih mudah terpantau. Hal itu guna menjaga keamanan negara.

“Mengimplementasikan sistem QR Code pada lima tempat pelayanan imigrasi di Banten, hal ini untuk menjaga keamanan negara di antaranya melalui pengawasan orang asing,” ujar Sutrisman usai apel dalam rangka memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-64 di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang, Senin (28/1/2019).

Dalam memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-64, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten memberikan penghargaan terkait pelayanan paspor Simpatik, di mana kantor imigrasi tetap melayani pembuatan paspor di hari libur. Ada juga penghargaan terkait keberhasilan dalam pencegahan orang asing yang melanggar administrasi.

“Sebagai upaya Direktorat Jenderal Imigrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan keimigrasian khususnya dalam penerbitan paspor juga telah hadir aplikasi pendaftaran antrean permohonan paspor secara online di seluruh Indonesia, termasuk di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang,” tandas Sutrisman. (sly/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *