oleh

Naik Toyota Rush, Dua Pria ini Ternyata Pelaku Ganjal ATM

“Tersangka diam-diam melihat korban pada saat menekan PIN, selanjutnya tersangka mencatat PIN ATM korban di HP miliknya”

Berpura-pura Menolong

Tangerang7.com, Karawaci – AF (49) dan PI (33) harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Kedua pria itu ditangkap polisi karena diduga sebagai pelaku ganjal ATM BRI di kawasan Perumahan Pondok Arum, Nambo Jaya, Karawaci, Kota Tangerang.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim mengatakan, modus kedua pelaku yakni berpura-pura menolong orang yang sedang bertransaksi namun kartu ATM-nya tertelan. Padahal, sebelumnya pelaku sudah mengganjal lubang untuk memasukkan kartu di mesin ATM tersebut dengan menggunakan lidi kayu sepanjang 2.5 cm.

“Pada saat korban memasukkan kartu ATM-nya ke mesin ATM akan macet atau tertelan, sehingga tidak dapat melakukan transaksi. Lalu pelaku berpura-pura membantu korban,” ujar Abdul dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/11/2019).

AF dan PI terakhir beraksi di ATM BRI kawasan Perumahan Pondok Arum, Kamis (21/11/2019) pukul 06.30 WIB. Kedua pelaku menaiki mobil Toyota Rush warna hitam metalik dengan nopol B 1745 TTP. Pada saat itu, keduanya mencoba mengelabui Rosento Nainggolan (50).

Ketika bertranksi di sana, Rosento mengalami gangguan. Di mana, kartu ATM-nya tertelan. AF pun langsung memanfaatkan situasi tersebut dengan berpura-pura antre. Lantaran kartu ATM Rosento tidak bisa digunakan dan tidak bisa keluar, AF lantas berpura-pura membantu dengan mengarahkan Rosento untuk menekan PIN ATM-nya.

“Tersangka diam-diam melihat korban pada saat menekan PIN, selanjutnya tersangka mencatat PIN ATM korban di HP miliknya,” ujar Abdul.

Setelah mendapat PIN ATM korban, AF pergi menghampiri PI. Kemudian, PI masuk ke ruang ATM dengan pura-pura antre juga. Saat korban kesulitan karena kartu ATM-nya tersangkut, PI berpura-pura membantu dengan cara mencabut aliran listrik mesin ATM dan memasang kembali. Sehingga kartu ATM korban otomatis keluar.

“Setelah keluar langsung diambil oleh tersangka PI dan dibawa pergi. Korban yang melihat kejadian tersebut curiga dan langsung berteriak, sehingga tersangka PI melarikan diri dengan membawa kartu ATM milik korban,” kata Abdul.

Meski PI berhasil melarikan diri, namun tak demikian dengan AF. Korban melihat AF di dalam mobil Toyota Rush berwarna hitam metalik. Korban pun melakukan pengejaran hingga AF dapat diamankan. Di saat bersamaan datang anggota kepolisian dan memboyong AF ke Mapolres Metro Tangerang Kota guna menghindari amukan massa.

11 Kali Beraksi di Tangerang Raya

Lalu, Unit Ranmor Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota menginterogasi AF. Kepada polisi, AF mengaku melakukan percobaan pencurian itu bersama dengan PI. Atas informasi dari AF, polisi mencari keberadaan PI. Tersangka kedua berhasil diringkus di bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Tangerang.

“Setelah dilakukan interogasi didapati keterangan bahwa pelaku sudah berulang kali melakukan pencurian dengan modus ganjal ATM di wilayah Kota Tangerang dan wilayah lain,” ujar Abdul.

AF dan PI mengaku telah melakukan pencurian dengan modus ganjal ATM sebanyak 11 kali. Terdiri dari sekali di ATM BRI Alfamart Ciputat, tiga kali di ATM BRI Alfamidi Pamulang, satu kali di ATM BRI Gading Serpong, (Kota Tangerang Selatan), tiga kali di ATM BRI Indomaret Pagedangan (Kabupaten Tangerang), satu kali di ATM BRI Alfamart Alam Sutera, satu kali di ATM BRI Karang Tengah, dan satu kali di ATM BRI Alfamart Pasar Malabar (Kota Tangerang).

Selain dua tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Rush warna hitam metalik bernopol B 1745 TTP, 1 unit smart phone Samsung, 1 unit smart phone Oppo, 1 buah unit hand phone Nokia, 1 keping kartu ATM BCA, 2 keping ATM BRI, 1 keping ATM Panin Bank, serta 2 potong lidi kayu dengan panjang masing-masing 2,5 cm. (fdy/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya