oleh

Mulai Tahun Ini, HUT Kabupaten Tangerang 13 Oktober. Inilah Arti Logo HUT ke-388 :

Tangerang7.com, Tigaraksa – Mulai tahun ini, hari jadi Kabupaten Tangerang diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Sebelumnya, tiap tanggal 27 Desember.

Mulai tahun ini juga, usia Kabupaten Tangerang melonjak. Menjadi 388 tahun. Jika merujuk pada 27 Desember, HUT Kabupaten Tangerang tahun ini berusia 77. Ketika itu HUT Kabupaten Tangerang ditetapkan pada 27 Desember 1943.

Diketahui, pada Perda Nomor 18 Tahun 1984, hari lahir Tangerang jatuh pada 27 Desember 1943, yang didasarkan pada pemberian kekuasaan pemerintah pendudukan Jepang kepada Bupati Tangerang saat itu.

Namun berdasarkan fakta sejarah serta hasil diskusi yang dilakukan sejumlah budayawan, akademi, tokoh masyarakat Kabupaten Tangerang, diyakini Kabupaten Tangerang telah jauh berdiri sebelum Republik Indonesia lahir.

Sumber pribumi berupa paririmbon ke-Aria-an Parahijang menyebutkan, pada Rebo Pon ba’da Mulud 1042 atau 13 Oktober 1632 masehi, Sultan Banten memberikan perintah kepada tiga bangsawan.

Ketiga bangsawan itu masing-masing Raden Aria Maulana Yudha Negara, Raden Aria Jayasentika dan Raden Aria Wangsakara, untuk membuka perkampungan baru di wilayah antara sungai Cisadane dan Cidurian.

Wilayah tersebut belakangan dikenal sebagai wilayah Lengkong Sumedang. Wilayah Lengkong Sumendang di bawah pimpinan Aria Wangsakara ini pun berkembang pesat dan memiliki struktur pemerintah sendiri.

Kelak, wilayah Lengkong Sumedang ini dikenal sebagai wilayah Keariaan Tanggeran. Lama kelamaan, Keariaan Tanggeran berubah lafal menjadi Tangerang.

Berdasarkan fakta ini, Pemkab Tangerang menerbitkan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang, yang menetapkan jatuh pada 13 Oktober, bertepatan saat Sultan Banten memberikan perintah kepada tiga bangsawan untuk membuka wilayah baru tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang Tini Wartini menjelaskan, berdasarkan kajian sejarah setelah ada Perda Nomor 2 Tahun 2020 berubah menjadi 13 Oktober 1632. Ini artinya, pada tahun 2020, usia KabupatenTangerang sudah 388.

“Kita sudah merilis logo hari jadi ke-388 Kabupaten Tangerang. Semoga Kabupaten Tangerang semakin gemilang,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk tahun ini tidak ada perayaan yang meriah. Sidang Paripurna digelar secara khidmat untuk memaknai hari jadi ke-388, dengan protokol kesehatan ketat.

Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang Abdul Munir menambahkan logo dan makna sudah sesuai dengan ketentuan dan estetika yang dipadukan dengan sejarah dan ikon Kabupaten Tangerang.

“Semua sesuai dengan arahan Pak Bupati Tangerang. Aspek sejarah dan estetika disesuaikan dengan tema kondisi saat ini,” jelasnya.

Inilah makna warna dan simbol logo hari jadi ke-388 Kabupaten Tangerang :

– Hijau : Melambangkan pertanian dan ketahanan pangan.

– Biru : Melambangkan ketahanan kesehatan dan cita-cita luhur.

– Oranye : Melambangkan semangat dan kreativitas.

– Kuning : Melambangkan gemilang dan kesejahteraan

– Ungu : Melambangkan kedewasaan dan khas Kabupaten Tangerang.

– Merah : Melambangkan ketegasan dan perjuangan.

– Coklat : Melambangkan kesederhanaan dan kesuburan.

– Abu-abu : Melambangkan keseriusan, kestabilan, kemandirian.

– Hitam : Melambangkan persatuan dan kesolidan.

Adapun makna simbol-simbol sebagai berikut:

– Angka 388 : Terbentuk dari jenis huruf tipe handwriting yang bergelombang, tersusun dari beberapa objek kurva, melambangkan dinamisasi pembangunan dan proses perjalanan sejarah.

Pada angka 3 terdiri dari warna hijau dan biru dengan kurva membentuk gelombang, melambangkan Kabupaten Tangerang memiliki sektor pertanian dan perikanan/kelautan sebagai modal ketahanan pangan.

Pada angka 8, terbentuk dari kurva dan gelombang simbol tak terhingga (infinity) melambangkan harapan perjalanan panjang dan keabadian.

– Tugu 3 Aria : Sebagai landmark ikon Kabupaten Tangerang yang melambang Tiga Aria sebagai tokoh sejarah pendiri Kabupaten Tangerang.

– Garis Benteng : Benteng sebagai lambang pertahanan yang mengingatkan kita kepada perjuangan rakyat Kabupaten Tangerang. Benteng juga menjadi ikon Tangerang yang tidak terlepas dari sejarah Kabupaten Tangerang.

– Slogan : “Sejarah Baru, Semangat Baru Lawan COVID-19” mengandung makna bahwa Hari Jadi Ke-388 merupakan hasil kajian sebagai pencatatan sejarah baru Kabupaten Tangerang dan telah ditetapkan dalam Perda Nomor 2 Tahun 2020. Hal ini menjadikan momen sebagai semangat baru serta semangat perjuangan melawan pandemi covid-19. (t7/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *