oleh

Meski Tanpa Pilkada, Bawaslu Tak Boleh Diam

“Jadi, Bawaslu tidak boleh diam, jangan sampai dianggap hanya makan gaji buta saja”

Tangerang7.com, Tigaraksa – Bawaslu Kabupaten Tangerang telah sukses mengawal pelaksanaan Pemilu 2019. Terbukti, di kabupaten berjuluk kota seribu industri ini tidak ada sengketa menonjol selama tahapan Pilpres dan Pileg beberapa waktu lalu. Namun, ada beberapa catatan untuk menjadi bahan evaluasi lembaga pengawas Pemilu ini.

Hal itu tersirat dalam media meeting dan publikasi laporan akhir pengawasan Pemilu 2019, di Ruang Wareng, Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Senin (18/11/2019). Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan. Hadir seluruh anggota Bawaslu Kabupaten Tangerang dan sejumlah wartawan dari berbagai media.

Pada kesempatan itu, Kakan Kesbangpol Kabupaten Tangerang Ahmad Hidayat mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Tangerang telah berjalan dengan aman dan lancar. Menurut dia, sukses atau tidak pelaksanaan pesta demokrasi tidak terlepas dari kemampuan kerja penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Tangerang dalam mengawal pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun ini. Kalau boleh saya kasih nilai A, tetapi bukan A plus,” ujar Dayat.

Menurut dia, tahapan Pemilu 2019 memang sudah selesai. Tetapi, Bawaslu masih memiliki tugas untuk mengedukasi masyarakat tentang pemilu. Sehingga, Bawaslu harus gencar menyelenggarakan sosialisasi mengenai pemilu dengan menggandeng pemangku kepentingan terkait, termasuk insan pers.

Di sisi lain, dia menyinggung status Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tangerang sekarang, di mana masih mengontrak. Padahal, Bawaslu kini bukan lagi bersifat ad hoc melainkan definitif.

“Saat ini Bawaslu Kabupaten Tangerang belum memiliki kantor tetap, Pak Bupati (Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar) sudah memikirkan hal itu agar ke depan tidak sewa-sewa tempat lagi,” tambah Dayat.

Memantau Netralitas ASN

Sementara itu, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Pemilu Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal menekankan, meski sudah menyampaikan laporan akhir pengawasan Pemilu 2019, namun Bawaslu Kabupaten Tangerang tidak boleh diam.

Ali mengatakan, hingga tahun 2022 mendatang memang tidak ada tahapan Pilkada di Kabupaten Tangerang, tetapi Bawaslu memiliki kewajiban dalam mewanti-wanti agar aparatur sipil negara atau ASN tetap menjaga netralitas.

Pasalnya, empat daerah di Provinsi Banten menyelenggarakan pesta demokrasi pada 2020 nanti, terdiri dari Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

“Nah, selain fokus pada pendidikan pemilu di masyarakat, ASN juga diingatkan akan netralitas. Karena bisa saja ASN di Kabupaten Tangerang punya saudara di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon. Jadi, Bawaslu tidak boleh diam, jangan sampai dianggap hanya makan gaji buta saja,” tandas Ali.

Dia pun meminta Bawaslu Kabupaten Tangerang tidak berbangga diri atas prestasi selama Pemilu 2019. Sebab, masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi dan diperbaiki, di antaranya keterbukaan informasi publik.

Ali menyebutkan, dalam lembaga penyelenggara Pemilu dikenal istilah lex superior derogat legi inferior. Di mana, aturan di bawah tidak boleh bertentangan dengan undang-undang di atasnya. Hal itu merujuk pada beberapa informasi pengawasan Pemilu yang tidak boleh dipublikasikan.

Meskipun demikian, lanjut dia, masyarakat tidak akan mengetahui secara utuh mengenai program dan kinerja Bawaslu tanpa keterbukaan informasi. Untuk itu, dia berharap Bawaslu Kabupaten Tangerang menjalin hubungan baik dengan kalangan wartawan.

“Jalin silaturahmi, wartawan itu bagian dari fotokopi alat indra Bawaslu karena jangkauannya luas. Jangan cuma mengandalkan media sosial, kan belum tentu orang Solear semua pakai Facebook, belum tentu juga orang Teluknaga semua pakai Twitter. Kami di Bawaslu Provinsi Banten, sebelum kegiatan itu dimulai terlebih dahulu mengabari kepada rekan-rekan wartawan,” kata Ali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya