oleh

Menyontek Kampung Bekelir, Mendongkrak Kunjungan Wisata

Tangerang7.com, Tangerang – Dari kejauhan rumah-rumah di kampung yang terletak di RW 001, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang itu tampak warna-warni. Mulai dari pagar, tembok, hingga atap rumah dicat dengan warna-warna cerah.

Lingkungan di sekitarnya pun tampak bersih dan tertata dengan baik. Di ujung jalan atau tepatnya di samping Sungai Cisadane terpampang plang nama bertuliskan Kampung Bekelir yang juga dicat warna-warni. Kelihatan cantik.

“Sebagai kepala daerah, tentunya kami ingin melihat sesuatu keindahan di daerah lain untuk diterapkan di wilayah kami,” kata Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana yang sedang berkunjung ke Kampung Bekelir, Senin (11/03/2019) petang.

Kunjungan Bupati Kepulauan Sangihe ini didampingi wakilnya Helmut Hontong dan sejumlah pejabat lainnya. Camat Tangerang Agus Hendra dan Lurah Babakan Abu Sofyan menjadi ‘tour guide’ dalam kunjungan tersebut.

Menurut Jabes, Kepulauan Sangihe merupakan daerah bahari yang tentunya sangat mengandalkan pendapatan daerah dari peningkatan destinasi wisata. Pemerintah daerah di sana juga berencana melibatkan perusahaan cat untuk melakukan pengecatan kampung seperti Kampung Bekelir tersebut.

Lurah Babakan Abu Sofyan mengatakan, tiga tahun lalu penampilan Kampung Bekelir itu tak seperti saat ini. Sofyan mengatakan, tahun 2016 Kampung Bekelir masuk dalam kategori kampung kumuh sedang berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Kesehatan RI.

“Alhamdulillah, sejak kampung ini disulap menjadi Kampung Bekelir, beberapa pemerintah daerah di tingkat nasional maupun internasional banyak yang berkunjung ke sini,” kata Abu Sofyan.

Menurut dia, ada lebih dari 300 rumah yang dicat warna-warni dan sekitar 1.200 grafiti karya seniman membuat cantik Kampung Bekelir. Tak hanya mempercantik fisik bangunan, pola hidup sehat juga disosialisasikan kepada warga. Alhasil, kampung itu dinobatkan sebagai juara pertama kampung dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-kota Tangerang.

Dia bercerita, di tingkat internasional yang sudah berkunjung ke Kampung Bekelir pada 2017 lalu, tercatat sebanyak delegasi dari 17 negara. Di antaranya, Jerman, Perancis, Inggris, Australia dan Malaysia. Sedangkan pada 2018, delegasi dari 8 negara datang berkunjung. Di antaranya dari Jordania, Polandia dan Swedia.

Sedangkan untuk pemerintah daerah di tingkat nasional, kata Abu Sofyan, hampir semuanya sudah datang berkunjung. (mus/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya