oleh

Menyelundupkan Narkoba di Dalam Perut, 2 Warga Thailand Ditangkap

Tangerang7.com, Tangerang – Penyelundupan narkoba modus baru diungkap petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta bersama Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Di mana pelaku memasukkan barang terlarang ke dalam perut. Penyelundupan itu dilakukan dua orang warga negara Thailand, yakni laki-laki berinisial SS dan perempuan berinisial ST.

Pengungkapan kasus tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap dua warga negara asing yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tanpa membawa bagasi, Jumat (11/1/2019). Keduanya menumpang pesawat Air Asia rute Bangkok-Jakarta dan mendarat pada pukul 23:59 WIB.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan mendalam dengan menggunakan sinar X atau rontgen. Hasilnya, terdapat benda menyerupai kapsul di dalam perut kedua orang itu. Menurut pengakuan SS dan ST, kapsul-kapsul berisi narkotika itu akan dibawa ke Jakarta atas perintah seorang bos yang berada di Thailand.

Petugas Bea dan Cukai Soekarno-Hatta kemudian berkoordinasi dengan pihak Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan pengakuan SS, bos pengendali menunjuk Days Hotel and Resort di Tangerang untuk tempat menginap.

Keesokan harinya, Sabtu (12/1/2019) dini hari, tim gabungan bergerak menuju hotel tersebut. Di sana, SS dan ST berhasil mengeluarkan 77 butir kapsul yang diduga berisi methamphetamine. Dari dalam tubuh SS kedapatan 14 butir kapsul dengan modus inserted. Sementara dari dalam tubuh ST kedapatan 63 butir kapsul, terdiri dari 50 butir dengan modus swallowed dan 13 butir dengan modus inserted.

Kepala Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Erwin Situmorang mengatakan, modus yang dilakukan kedua tersangka sedikit ada persamaan dengan modus-modus sebelumnya. Jika yang pernah terungkap yaitu memasukkan narkotika ke dubur dan kemaluan, yang sekarang justru dimasukkan ke dalam perut.

“Kami bersama seluruh aparat yang bertugas akan terus tetap siaga dan fokus terhadap peredaran narkoba di Indonesia, terlebih di Bandara Soekarno-Hatta saat ini lebih diperketat lagi,” ujar Erwin dalam konferensi pers di Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (18/1/2019). (orn/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya