oleh

Masa Tenang Tanpa Alat Peraga Kampanye

Tangerang7.com, Tangerang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang bakal mencopot semua alat peraga kampanye atau APK di fasilitas publik. Pasalnya, APK harus benar-benar steril pada H-3 pemungutan suara Pemilu 2019.

“APK harus benar-benar steril tiga hari di masa tenang menjelang pencoblosan,” kata Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim kepada Tangerang7.com, Rabu (10/4/2019).

Ia mengatakan, ada delapan kecamatan di Kota Tangerang yang mendominasi pemasangan APK. Yakni daerah pemilihan 1, 4, dan 5. Dapil 1 terdiri dari Tangerang dan Karawaci, dapil 4 yaitu Ciledug, Karang Tengah, dan Larangan, sementara dapil 5 adalah Jatiuwung, Periuk, dan Cibodas.

“Sejauh ini berdasarkan pantauan rekan-rekan di lapangan, dominasi APK ada di dapil 1, 4 dan 5,” jelas Agus.

Ia mengaku, sejak awal kampanye beberapa bulan lalu, Bawaslu Kota Tangerang telah menertibkan lebih kurang dua ribu APK yang melanggar aturan. Paling banyak APK calon anggota legislatif (caleg).

“Sudah sekitar dua ribu APK dari berbagai jenis yang kita turunkan. Saat ini beberapa (panitia pengawas pemilu) kecamatan terus bergerak dalam penertiban APK,” pungkas Agus.

Untuk diketahui, Pemilu 2019 diselenggarakan pada 17 April mendatang. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan anggota legislatif. Pada bilik suara nanti, pemilih mencoblos lima jenis surat suara, yakni presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya