oleh

Mantan Politikus Gerindra Dicoret, PBB dan PKPI Kehilangan Kursi

Tangerang7.com, Kelapa Dua – Mantan politikus Partai Gerindra, Zaenudin, dicoret dari daftar calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024. Padahal, berdasarkan rekapitulasi hasil perolehan suara pada Pileg 2019 lalu, ia memperoleh suara terbanyak dibandingkan caleg lain dari Gerindra di Dapil 6.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Ali Zaenal Abidin menjelaskan alasan pembatalan keikutsertaan Zaenudin dalam proses penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Tangerang pada Pemilu 2019. Pasalnya, mantan politikus Gerindra itu sudah meninggal dunia. KPU pun telah menerima surat dari DPC Partai Gerindra Kabupaten Tangerang tertanggal 9 Juli 2019 perihal pemberitahuan dukacita.

“Yang bersangkutan meninggal dunia pada waktu penetapan perolehan suara dan sebelum penetapan calon terpilih,” kata Ali usai rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Tangerang pada Pemilu 2019, di Hotel Aryaduta, Kelapa Dua, Senin (12/8/2019).

Sesuai Pasal 39 Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019, lanjut dia, maka jika terjadi hal demikian KPU akan menetapkan calon terpilih yakni calon legislatif dari partai politik yang sama dan dari dapil yang sama dengan perolehan suara terbanyak berikutnya.

“Caleg dengan perolehan suara terbanyak berikutnya itu adalah Sadli HS, itu yang kemudian kami tetapkan sebagai calon terpilih,” tandas Ali.

KPU Kabupaten Tangerang menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024. 10 dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 berhasil merebut kursi parlemen di kabupaten berjuluk kota seribu industri ini.

Terdiri dari PKB 4 kursi, Gerindra 7 kursi, PDIP 8 kursi, Golkar 6 kursi, Nasdem 2 kursi, PKS 6 kursi, PPP 6 kursi, PAN 4 kursi, Hanura 1 kursi, dan Demokrat 6 kursi. Keberuntungan tidak berpihak kepada politikus enam partai politik lainnya, yakni Garuda, Berkarya, Perindo, PSI, PBB, dan PKPI.

Terkait hal itu, Ali membenarkan jika ada dua partai politik justru kehilangan kursi kali ini. PBB dan PKPI. Pada Pemilu 2014 lalu, kedua partai politik ini memperoleh 1 kursi di DPRD Kabupaten Tangerang.

Ali menjelaskan, Pileg 2014 diikuti sebanyak 12 partai politik dan semuanya mendapatkan kursi. Sementara pada Pileg 2019 ini, dari 16 partai politik hanya ada 10 partai politik yang mendapat kursi.

“Partai politik yang dulu 2014 itu mendapatkan kursi dan sekarang tidak mendapatkan kursi adalah PBB dan PKPI. Tahun 2014 kedua partai ini masing-masing mendapatkan 1 kursi,” kata Ali. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya