oleh

Mahasiswa Tangerang Sepakat Tolak Hoaks

Tangerang7.com, Tangerang – Mengusung tema “komunikasi sehat di era digitalisasi”, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang menyelenggarakan seminar dan deklarasi penolakan berita bohong alias hoaks.

Hadir sebagai narasumber Kapolres Metro Tangerang Kombes Abdul Karim, Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Banten Amal Herawan Budhi, dan Dosen UNIS Tangerang Faisal Tomi Saputra.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor UNIS Tangerang Suhaya. Tampak di sana Ketua KNPI Kota Tangerang Uis Adi Dermawan. Seminar dan deklarasi tersebut diikuti lebih kurang 700 mahasiswa.

Ketua pelaksana kegiatan, Riyan Ramadhan mengatakan, seminar nasional tersebut menjadi langkah bersama untuk mencegah dan melawan hoaks. Hal ini perlu dilakukan mengingat dampak negatif hoaks terhadap berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, dan politik.

“Dengan adanya seminar ini semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat, serta menyadarkan mahasiswa dan masyarakat umum agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,” ujar Riyan

Menurutnya, hoaks dibuat oleh orang cerdas tetapi jahat, disebarkan oleh orang baik tetapi bodoh. Jadi, sudah tugas bersama untuk mengurangi dan mencegah hoaks yang beredar di kalangan masyarakat ataupun mahasiswa.

“Kita sepakat untuk menolak hoaks, saya berharap masyarakat dapat mengecek kevalidan berita sebelum menyebarluaskan,” kata Riyan.

Sementara itu, Abdul Karim memaparkan ihwal proses hukum bagi penyebar hoaks. Menurutnya, siapapun yang menyebarkan hoaks akan diancam pidana.

“Kami sangat mendukung acara ini karena sangat membantu kami dalam melawan hoaks. Kami juga sampaikan agar para mahasiswa pandai-pandai memilah berita,” ucap Abdul. (fdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya