oleh

Mahasiswa Sebut Dishub Kota Tangerang Lalai Awasi Truk Tanah

Tangerang7.com, Cibodas – Himpunan Mahasiswa Islam Tangerang Raya menyalahkan Dinas Perhubungan Kota Tangerang atas kecelakaan lalu lintas di Jalan Imam Bonjol, Panunggangan Barat, Cibodas, Kamis (1/8/2019). Pasalnya, kecelakaan itu melibatkan truk bermuatan tanah.

Satu unit sedan Daihatsu Sigra tertimpa truk tanah pada pukul 05.30 WIB. Akibatnya, empat orang tewas, terdiri dari Edy (45), Wandi (22), Fatmawati (40), dan Nanda Saputra (24). Sementara satu penumpang batita, Aisyah (1), terhindar dari maut. Ia hanya mengalami luka ringan.

“Ini karena pengawasan petugas dishub yang lalai menjalankan tugasnya,” kata Ketua HMI Tangerang Raya Anov Rezando.

Dia menyebutkan, di Kota Tangerang ada aturan pembatasan jam operasional kendaraan angkutan tanah, pasir, dan batu. Aturan itu sebagaimana Peraturan Wali Kota Nomor 30 Tahun 2012. Namun, ternyata truk pengangkut material tambang masih leluasa untuk berseliweran di luar waktu yang sudah ditentukan.

Menurut Anov, petugas dishub baru akan bertindak jika ada kritikan dari masyarakat atau terjadi kecelakaan yang menelan korban jiwa. “Jika tidak terjadi kecelakaan, petugas dishub lalai menjalankan tugasnya,” ucap dia.

Di tempat berbeda, Dishub Kota Tangerang tampak melaksanakan razia. Sasaran operasi kali ini adalah truk angkutan tanah dan pasir. Petugas dishub dibantu personel polisi disebar di tiga lokasi, yakni Jalan Imam Bonjol, MH Tamrin -Sudirman, dan KH Hasyim Ashari.

Plt Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan, truk yang terkena razia langsung diamankan di Stadion Benteng. “Pengawasan dan penindakan ini akan terus kita gencarkan, bukan hanya karena ada kejadian saja. Rencananya besok kami dengan Dishub Kabupaten Tangerang juga razia gabungan,” ujar dia.

Pembatasan jam operasional kendaraan tanah dan pasir sudah diatur dalam Perwal Kota Tangerang Nomor 30 Tahun 2012. Di mana, kendaraan angkutan tersebut hanya boleh beroperasi pada pukul 20.00 – 05.00 WIB. (odo/fdy)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya