oleh

Lokasi Asrama Haji Banten versi Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang

Tangerang7.com, Tigaraksa – Jemaah haji asal Provinsi Banten hampir 10 ribu tiap tahun. Kebutuhan asrama haji pun sudah sangat mendesak. Sebab, keberadaan asrama haji di Banten tidak hanya memudahkan jemaah, tetapi juga memberikan nilai ekonomi.

Hal itu dikatakan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tangerang Badri Hasun. Jemaah haji asal Banten selama ini harus menginap di Pondok Gede, Jakarta Timur, sebelum diberangkatkan melalui Bandara Soekarno-Hatta. Begitu pula saat kembali dari tanah suci, jemaah terlebih dahulu ke Embarkasi Pondok Gede sebelum ke rumah masing-masing.

Menurut Badri, sekarang ada beberapa daerah dengan jumlah jemaah haji yang tidak terlalu banyak justru sudah mempunyai asrama haji. Lalu, Jawa Barat sudah memiliki asrama haji di Bekasi.

“Jadi, kami dari Kementerian Agama Kabupaten Tangerang mendorong betul kepada pemerintah provinsi dan kabupaten agar yang disarankan oleh Ketua Komisi VIII DPR untuk segera menyiapkan tanah. Mudah-mudahan sesegera mungkin,” katanya usai menerima rombongan Komisi VIII DPR, Senin (20/5/2019).

Ia mengatakan, tahun lalu pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan asrama haji di Provinsi Banten. Terkait lokasi strategis, menurut Badri, adalah di wilayah Sepatan. “Informasi terakhir yang saya dengar itu di Sepatan. Wallahualam nanti seperti apa,” ujarnya.

Badri menyebutkan, ada tiga dampak positif jika asrama haji ada di Tangerang. Pertama, dari segi fisik jemaah tidak terlalu capek karena jarak tempuh makin dekat. Kedua yaitu pasti lebih ekonomis dibandingkan harus ke Pondok Gede. Lalu yang ketiga adalah akan memberikan efek ekonomi yang luar biasa.

“Di situ pasti ada perdagangan pernak-pernik haji dan lain sebagainya, yang saya rasa bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang untuk perekonomian umat,” pungkas Badri.

Sebelumnya, Komisi VIII DPR melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang. Salah satu pembahasan dalam kunjungan sensitif itu adalah rencana pembangunan asrama haji di Banten.

“Tahun lalu sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 40 miliar, tetapi terkendala karena pemerintah daerah belum menyiapkan lahan. Ini harus diseriusi lagi agar tahun ini bisa terealisasi,” kata Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya