oleh

Kosmetik Ilegal Senilai Rp2 Miliar Diamankan BPOM di Tangerang

TIGARAKSA – Belakangan ini BPOM gencar menyisir toko kosmetik dan klinik kecantikan di Kabupaten Tangerang. Dalam kurun seminggu terakhir, produk ilegal senilai sekitar Rp 2 miliar diamankan.

Kepala Kantor BPOM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri mengatakan, produk yang ditertibkan antara lain obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetik. Dalam melaksanakan razia, BPOM melibatkan Disperindag Kabupaten Tangerang.

“Didominasi oleh kosmetik ilegal di sarana produksi maupun distribusi, termasuk di salah satu pusat perbelanjaan. Kebanyakan ditemukan produk impor,” ujar Wydia kepada Tangerang7.com, Kamis (6/12/2018).

Pelanggaran yang ditemukan petugas seperti tidak memiliki izin edar dan tidak memenuhi ketentuan penandaan. Bahkan ada penyaluran obat keras tanpa kewenangan. Banyak juga toko kosmetik justru menjual obat keras.

“Produk-produk tersebut ditemukan di Kelapa Dua, Cisauk, Cikupa, Curug, dan Panongan. Nilai keseluruhannya mencapai Rp 2 miliar,” jelas Wydia.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif mencegah peredaran produk ilegal. Baik kosmetik, obat tradisional, maupun suplemen kesehatan.

“Demikian juga peredaran obat keras tanpa kewenangan, harus dicegah. Selalu ingat cek KLIK (kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa), serta melaporkan setiap kegiatan yang mencurigakan kepada BPOM,” imbuh Wydia. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya