oleh

Kominfo Identifikasi 62 Hoaks Pemilu 2019, Apa Saja?

Tangerang7.com – Puluhan berita bohong atau hoaks berkaitan dengan Pemilu 2019 diidentifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo). Setidaknya, 62 konten hoaks yang tersebar di internet dan media sosial. Paling banyak ditemukan pada Desember 2018.

Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Ditjen Aplikasi Informatika melakukan penelusuran menggunakan mesin AIS. Tim mengidentifikasi jumlah hoaks pada Desember 2018 sebanyak 18 konten.

“Pada bulan Agustus 2018 ditemukan sebanyak 11 konten hoaks, September 2018 terdapat 8 konten, Oktober 2018 terdapat 12 konten, dan November 2018 sebanyak 13 konten hoaks,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemen Kominfo Ferdinandus Setu sebagaimana dikutip Tangerang7.com dari website kominfo.go.id, Rabu (2/1/2019).

Kemen Kominfo selama ini merilis informasi mengenai klarifikasi dan konten yang terindikasi hoaks melalui portal kominfo.go.id dan stophoax.id. Kemen Kominfo juga mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pengecekan dan penyaringan terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi yang belum dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Ingin tahu apa saja konten hoaks yang diidentifikasi Kemen Kominfo sepanjang Agustus-Desember 2018? Cek di sini. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya