oleh

Ketua Umum INM ; ‘Jika Pemerintah Peka dan Peduli, Pelaku UMKM Bisa Tumbuh dan Berkembang’

Tangerang7.com, Tangerang – Ketua Umum DPP Perhimpunan Investor Nasional Madani (INM) Zulfikar Hamonangan, SH meminta pemerintah bisa peka dan peduli kepada para pelaku usaha kecil dan pedagang kaki lima.

Saat ini, terdapat 30 juta pelaku UMKM yang harus mendapatkan kepedulian. Bukan saja dari sisi bantuan modal kerja. Tapi juga dari sisi fasilitas tempat usaha mereka.

“Bagaimana UMKM dapat memasarkan produknya dengan maksimal jika tidak difasilitasi oleh pemerintah,” ujar Bang Zul, sapaan akrabnya.

Dikatakan Bang Zul, keberadaan minimarket supermarket, hotel, rumah sakit, dan tempat-tempat peristirahatan, seperti rest area seharusnya ada kebijakan yang pro rakyat dengan memberikan tempat usaha untuk UMKM minimal 20 persen stan agar mereka dapat menitipkan barangnya.

Kata Bang Zul, jika modal hanya Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 juta dari mana para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya. Sedangkan, sewa tempat saja bisa sampai Rp 10 juta sampai dengan Rp 15 juta per tahun.

“Tentu modal mereka tidak akan cukup untuk melakukan kegiatan usaha. Maka, hadirnya pemerintah dengan melakukan kebijakan pro rakyat sangat diharapkan, terutama masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Berikan ruang usaha atau fasilitas untuk para pelaku UMKM secara gratis tanpa dibayar dan sistem bagi hasil dengan pemilik tempat,” kata anggota Komisi VII DPR RI ini.

Jika perhatian ini bisa dilakukan pemerintah, Bang Zul berkeyakinan para pedagang kecil dan pedagang kaki lima bisa tumbuh dan berkembang. “Inilah bentuk kepedulian untuk masyarakat kecil,” kata Bang Zul. (t7/ist)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya