oleh

Ketua RT/RW di Kota Tangerang Tak Lagi Pakai Kertas

“Saya tidak harus mondar-mandir, cukup online, dalam satu genggaman sudah bisa selesai”

Layani Surat Pengantar Lewat Ponsel Pintar

Tangerang7.com, Cipondoh – Pemerintah Kota Tangerang meluncurkan aplikasi PANGKAS. Aplikasi ini dibuat khusus ketua RT/RW di Kota Tangerang.

PANGKAS merupakan akronim dari Gampang Ngurus Berkas. Dalam hal surat pengantar bagi warga, ketua RT/RW tak lagi menggunakan kertas. Sebab, 15 urusan pelayanan tingkat dasar ada di aplikasi tersebut.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, inovasi itu guna mempermudah serta meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Aplikasi PANGKAS melayani 15 urusan pengantar RT/RW seperti surat berkelakuan baik, surat izin keramaian, surat keterangan kematian, dan surat keterangan belum menikah.

“Aplikasi ini adalah salah satu upaya Pemkot Tangerang dalam mewujudkan pelayanan prima bagi warganya,” ujar Sachrudin dalam acara pemberdayaan TIK melalui aplikasi PANGKAS bagi pengurus RT/RW serta admin kecamatan, di Aula Kecamatan Cipondoh, Rabu (20/11/2019).

Selain dapat mengurangi penggunaan kertas, kata dia, aplikasi PANGKAS juga dapat mempermudah dan bisa dilakukan kapan saja.

“Selain memudahkan, mempercepat, dan mengurangi penggunaan kertas, aplikasi PANGKAS juga bisa dilakukan dimana pun berada. Jadi, pelayanan pada masyarakat bisa lebih cepat,” jelas Sachrudin.

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Mulyani. Dia mengatakan, ke depan Pemerintah Kota Tangerang akan terus melakukan pengembangan aplikasi menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

“Kami akan terus meng-update dan meng-upgrade aplikasi yang sudah dibangun agar semua kebutuhan masyarakat dapat terakomodir,” ujar Mulyani.

Sementara itu, Ketua RT 17/RW 6 Kelurahan Cipondoh Makmur Yoso Santoso, mengaku sangat terbantu dan merasa dimudahkan dengan adanya aplikasi PANGKAS. Pasalnya, layanan pada warga cukup lewat ponsel pintar saja.

“Saya tidak harus mondar-mandir, cukup online, dalam satu genggaman sudah bisa selesai,” ucap Yoso. (rls/fdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya