oleh

Ketinggian Air Normal, Tiga Pintu Diperbaiki

Tangerang7.com, Karawaci– Ketinggian air di Bendung Pasarbaru Irigasi Cisadane atau Pintu Air Sepuluh masih menunjukkan batas normal, Senin (04/02/2019). Ketinggian air pada pukul 11.30 WIB menunjukkan angka 12,40 meter.

Kondisi normal ini dimanfaatkan untuk perbaikan pintu air di bendungan tersebut. Ada tiga pintu air yang sedang diperbaiki dan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Kondisi bendungan yang sudah tua kini memang butuh perawatan serius.

“Ada tiga pintu yang sedang diperbaiki. Satu pintu sudah selesai dan sisanya masih tahap pengerjaan,” kata petugas pintu air yang mengaku bernama Jengkol kepada Tangerang7.com.

Saat ini, dari sepuluh pintu yang ada di bendungan, hanya satu yang dibuka. Ini untuk menjaga ketinggian tetap normal. “Kalau sudah di atas 12,60 meter itu baru di atas normal dan pintu yang dibuka akan ditambah. Air dialirkan sampai muara di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Pintu Air Sepuluh ini juga memiliki sirine yang akan berbunyi secara otomatis bila ketinggian air melewati batas normal.  Bendung Pasarbaru Irigasi Cisadane ini memiliki 10 pintu air, sehingga sering dinamakan juga Pintu Air Sepuluh. Masing-masing pintu lebarnya 10 meter.

Dari bendungan ini, air didistribusikan untuk irigasi dan sumber air utama bagi kawasan Tangerang. Aliran air Cisadane bermuara akhir di Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang lalu masuk ke Laut Jawa.

Bangunan bendungan sepanjang 110 meter di Sungai Cisadane ini, dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda tahun 1925-1931. (fdy/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya