oleh

Ketika Pesilat Pemula Salah Arah

Tangerang7.com, Tangerang – Pencak silat merupakan seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang, baik dalam pertandingan maupun perkelahian. Padepokan silat tersebar di nusantara.

Silat juga bagian dari olahraga, segudang manfaat terkandung di dalamnya. Namun tak sedikit pesilat pemula justru salah arah, karena belajar silat untuk keonaran dan mencari musuh. Hal itu terjadi di Jalan Graha Raya Bintaro, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, sekitar pertengahan Oktober 2018 lalu.

Tepat pada Sabtu malam, gerombolan anak muda konvoi menggunakan sepeda motor tanpa memakai helm. Para pemuda itu petentengan membawa senjata tajam jenis celurit dan stik golf. Kegiatan itupun mereka rekam dalam bentuk video, lalu menyebarluaskan ke berbagai media sosial.

Video berisi konten tidak terpuji tersebut kemudian viral. Masyarakat pun resah dan melaporkan ke polisi pada tanggal 12 Januari 2019. Tim Vipers Reskrim Polres Tangsel kemudian melakukan penyelidikan.

“12 Januari 2019 Tim Vipers mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di berbagai media sosial telah viral video yang meresahkan masyarakat dengan konten menjurus kekerasan yang diduga kuat terjadi di wilayah hukum Polres Tangerang Selatan,” kata Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan dalam konferensi pers di Mapolres Tangsel, Senin (28/1/2019).

Konvoi Usai Latihan Silat

Satu per satu anak muda di dalam video itu teridentifikasi. Sebagian besar pelaku tidak berdomisili di wilayah Kota Tangsel. Upaya polisi membuahkan hasil. Sebanyak 11 orang di dalam video viral tersebut dibekuk, delapan di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Ferdy menjelaskan, para pelaku antara lain ADS (14), FR (16), SS (18), F (17), AS (18), KJ (16), EP (18), AF (17), MVS (15), MAR (15), dan MRR (14). Tujuan mereka konvoi dengan petentangan membawa senjata tajam yaitu ingin menguji ilmu yang didapat dari padepokan silat di wilayah Kota Tangerang.

“Tujuan kegiatan yang para pelaku lakukan adalah untuk menguji ilmu yang diperoleh dari latihan di Padepokan Silat Banaspati, Kunciran, Kota Tangerang. Kegiatan yang tampak dalam video viral tersebut dilakukan setelah selesai latihan,” tandas Ferdy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya