oleh

Kepala Desa Harus Inovatif

Tangerang7.com, Tigaraksa – Pemerintah desa harus bisa mengakselerasi pertumbuhan desa secara inovatif dan berdaya saing. Sebab, bantuan dana untuk desa saat ini sangat besar, baik dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat. Dari pemerintah pusat misalnya menggelontorkan dana desa.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid saat membuka kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi Desa, di Gedung Serba Guna Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Kadu Agung, Tigaraksa, Rabu (31/7/2019).

Menurut dia, anggaran dana desa baik difungsikan untuk kegiatan yang bisa dinikmati masyarakat secara langsung. Kepala desa dapat melakukan inovasi dalam pembangunan wilayah seperti pembenahan infrastruktur, pengelolaan lahan pertanian, dan kegiatan lain yang bernilai ekonomi bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Viral Aksi Kades Kronjo Berantas Pungli di Pulau Cangkir

“Tidak hanya itu, inovasi bisa dilakukan dengan cara menciptakan sumber daya manusia kreatif yang bernilai ekonomi, dengan pelatihan dan bantuan permodalan,” kata Rudi Maesyal, sapaan akrab Moch Maesyal Rasyid.

Dia menyebutkan, beberapa inovasi desa di Kabupaten Tangerang sudah memperoleh pengakuan dari pemerintah pusat. Antara lain inovasi pengelolaan ISPA di Desa Cikupa (Cikupa), kampung KB di Desa Pangkat (Jayanti), dan kampung layak anak di Desa Panongan (Panongan).

“Ini menjadi perhatian, keseriusan, dan komitmen bersama desa dan Pemerintah Kabupaten Tangerang,” ujar Rudi Maesyal dalam keterangan tertulis.

Dia berharap, kegiatan pertukaran inovasi desa menjadi spirit pemerintah desa bersama pemerintah daerah dalam membangun desa. Sehingga akan kembali melahirkan desa-desa berinovasi dan mandiri demi kesejahteraan masyarakat.

“Pertukaran inovasi ini menjadi ajang transformasi keilmuan antardesa dengan komitmen memajukan desa,” pungkas Rudi Maesyal. (rls)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya