oleh

Kemenkominfo Batasi Fitur Media Sosial, Imbas Aksi 22 Mei

Tangerang7.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo melakukan pembatasan fitur media sosial dan pesan instan. Pembatasan ini bersifat sementara. Ini dilakukan akibat demo 22 Mei di Jakarta Pusat.

Pengguna media sosial dan pesan instan tidak bisa mengirim dan menerima video dan foto. Pemerintah mengambil keputusan tersebut untuk menekan berita bohong alias hoaks karena aksi demo 22 Mei.

“Modusnya posting di media sosial seperti Instagram, Facebook dalam bentuk video, meme dan foto. Kemudian ditangkap layar dan viral di WhatsApp. Ada yang negatif di sana (pesan viral),” jelas Menteri Kominfo Rudiantara, seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu (22/5/2019).

Sehingga, pemerintah akan membatasi media sosial secara bertahap dan sementara. “Jadi rekan semua, kita semua akan mengalami kesulitan mendownload upload video dan foto,” ujar Rudiantara.

Hal senada disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. “Akan kita adakan pembatasan akses di beberapa media tertentu. Fitur tertentu untuk menjaga hal-hal negatif tersebar ke masyarakat. Kami ingin masyarakat mendapat informasi yang akurat,” kata Wiranto. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya