oleh

Kartu Sembako Bisa Dipakai Beli Daging, Agen BPNT Kebingungan

Tangerang7.com, Tigaraksa – Terhitung mulai Januari 2020, Kartu Sembako bisa dipakai untuk membeli daging. Jadi, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak lagi hanya mendapatkan beras dan telur di Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong).

Penambahan bahan pangan itu menyusul kenaikan indeks BPNT dari Rp110 ribu menjadi Rp150 ribu per KPM. Kebijakan tersebut berlaku nasional, tak terkecuali di Kabupaten Tangerang. Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Selasa (21/1/2020), KPM BPNT di kota seribu industri ini lebih kurang 131 ribu.

Sebelumnya, KPM hanya bisa memakai Kartu Sembako untuk membeli beras dan telur saja. Kini, keluarga miskin atau pemegang kartu tersebut bisa membeli daging berupa ikan, ayam, sapi, dan lain-lain; kacang-kacangan yakni tahu, tempe, kacang hijau, dan sebagainya; serta sayur-mayur dan buah-buahan berkategori antioksidan.

Menanggapi penambahan bahan pangan itu, salah satu agen BPNT di Tigaraksa, Sukandi, merasa kebingungan. Pasalnya, sampai saat ini belum ada penegasan apa jenis bahan pangan tambahan yang akan diberikan kepada para KPM.

Menurut dia, apabila bahan pangan tambahan itu berupa daging-dagingan yakni ikan, ayam, atau sapi, maka agen BPNT harus memiliki fasilitas yang memadai seperti kulkas atau lemari pendingin.

“Kalau bahan pangan tambahannya yang tidak tahan lama, kami khawatir banyak agen yang merugi karena busuk atau berjamur dan tidak bisa dijual. Para KPM itu kan tidak bisa dipastikan bakal ambil bahan pangan di agen saya saja,” kata Sukandi. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya