oleh

Kampung Tangguh Jaya RW 19 Perumahan Villa Inti Persada Lakukan Swab Antigen Mandiri pada 3.000 Jiwa Warganya

Tangerang7.com, Pamulang – Kampung tangguh berperan aktif dalam menurunkan tingkat penyebaran covid-19, karena menjadi tempat pertemuan dan konsolidasi Satuan Gugus Tugas tingkat RT dan RW.

Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie saat mendampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran meninjau Kampung Tangguh Jaya Polsek Pamulang  19, Perumahan Villa Inti Persada, Pamulang Timur, Minggu (7/3/21).

“Sejauh ini, tingkat penggunaan tempat tidur isolasi di 22 pelayanan fasilitas kesehatan 78 persen, kemudian Intensive Care Unit  76 persen. Angkanya bagus-bagus, Kota Tangsel sudah zona kuning, mudah-mudahan bisa terus turun sehingga bisa menjadi zona hijau,” ucap Benyamin di lokasi.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengapresiasi Kampung Tangguh Jaya RW 19 Perumahan Villa Inti Persada karena mampu melakukan swab antigen mandiri kepada 1.500 kepala keluarga atau 3.000 jiwa warganya.

”Tindakan (Swab Antigen) mandiri, merupakan cara efektif memutus mata rantai penyebaran covid-19 berbasis komunitas. Dari masyarakat, oleh masyarakat, didukung pemerintah,” ucapnya.

Keberhasilan penekanan kasus covid-19 ini, kedepannya akan diperkuat lagi. Salah satunya, membentuk petugas dari warga yang memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang kesehatan untuk dilatih menjadi petugas test dan relawan tracing.

Tujuannya, melakukan penanganan warga yang memiliki gejala maupun terpapar tanpa harus ke puskesmas.

”Jadi, bisa deteksi lebih dini, warga yang terpapar atau gejala covid-19 sudah bisa ditangani oleh warganya sendiri. Jika ada yang sakit bisa disembuhkan sehingga mencegah resiko yang lebih berat lagi,” terang Kapolda.

Kapolda menyatakan, kehadiran kampung tangguh selain berperan mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19, juga membangun perekonomian, pendidikan, keagamaan dan lainnya.

Seperti budidaya pertanian dan perikanan. Di mana, ada tanaman obat-obatan, cabe, pisang, jahe sebagai kebutuhan rumah tangga.

Selain itu ada kerajinan yang dibuat oleh ibu-ibu, perpustakaan keliling yang dilengkapi akses internet. Bahkan masjid juga menerapkan protokol kesehatan, sehingga dalam beribadah tetap bisa khusyuk.

”Mudah-mudahan Kampung Tangguh Jaya hadir menjadi semangat untuk guyub dan gotong-royong dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di masyarakat,” Harap Kapolda. (rls/t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya