oleh

Kampung Markisa di Karawaci Dilirik Akademisi

Tangerang7.com, Karawaci – Pemerintah Kota Tangerang gencar mendirikan kampung digital pada kampung-kampung tematik di wilayah Kota Tangerang. Salah satunya dengan menyediakan spot wifi di Kampung Markisa.

Kampung Markisa terletak di RW 02 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci. Bersama relawan dari Universitas Binus, Pemkot Tangerang akan terus mengembangkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi masyarakat.

Subject Content Coordinator Universitas Binus Azani Cempaka mengaku tertarik terhadap pontensi-potensi yang dimiliki kampung tematik Kota Tangerang. Pihaknya pun bersedia melakukan pengabdian untuk masyarakat sekitar, terkait pengembangan TIK.

“Kami melihat potensi yang besar pada Kampung Markisa. Mulai dari adanya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, hingga wifi corner yang di-support oleh wali kota. Untuk itu kami berencana mengembangkan kampung tematik menjadi kampung digital,” ujar Azani saat melakukan survei di Kampung Markisa, Kamis (27/6/2019).

Ke depan, pihak Universitas Binus dan Teach for Indonesia akan melakukan pengembangan dari fasilitas yang telah tersedia. Mulai dari pembelajaran menggunakan komputer dan internet, hingga pelatihan mengembangkan perekonomian melalui media online.

“Nanti akan ada sistem monitoring, karena kampung digital ini nantinya tidak hanya ada di Kampung Markisa, melainkan ada di kampung-kampung lain, sehingga menghasilkan data dan evaluasi yang berkelanjutan,” ucap Azani. (rls/fdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya