oleh

Jokowi Kuasai 3 TPS Kepala Daerah, Prabowo Unggul Sementara di Banten

Tangerang7.com, Tangerang – Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan alur penghitungan perolehan suara hasil Pemilu Serentak 2019 mulai dari tingkat terendah di TPS hingga tingkat nasional. 17-18 April 2019 merupakan tahapan hitung dan rekap perolehan suara di tingkat TPS.

Khusus pemilihan presiden dan wakil presiden dalam hitung cepat (quick count) versi sejumlah lembaga survei, paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Namun, hitung nyata (real count) versi KPU RI dilakukan dalam kurun 25 April – 22 Mei 2019.

Salah satu hal menarik dalam pemilu kali ini yaitu Jokowi-Ma’ruf Amin menguasai lumbung suara di TPS para kepala daerah se-Tangerang Raya mencoblos. Pertama, di TPS 04 Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, tempat Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mencoblos. Di sana, Jokowi-Ma’ruf meraup 215 suara, sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 36 suara.

“Penghitungan suara pilpres di TPS 04 sudah selesai, total suara sah sebanyak 251 suara. Hasilnya paslon 01 Jokowi-Ma’ruf 215 suara atau 85 persen dan paslon 02 Prabowo-Sandi 36 suara atau sekitar 15 persen,” kata David Kurniawan, petugas ketertiban TPS 04 Kelurahan Cilenggang, Rabu (17/4/2019).

Zaki datang ke TPS 04 Kelurahan Cilenggang bersama istrinya, Tri Hesti Yulianti. Keduanya mencoblos sekitar pukul 10.40 WIB.

Kedua, TPS di mana Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah bersama istrinya, Aini Suci Wismansyah, menggunakan hak pilih. Yakni TPS 13 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Jokowi-Ma’ruf mengumpulkan 201 suara, Prabowo-Sandi mendapatkan 56 suara.

“Total untuk TPS 13 pada pilpres ini ada 258 surat suara dengan 1 surat suara rusak,” kata Samsul, Ketua KPPS TPS 13 Kelurahan Sukajadi.

Ia menjelaskan, di tersebut sebanyak 290 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, 34 pemilih tidak datang ke TPS dan memilih golput.

Ketiga, TPS 28 Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Di TPS ini Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mencoblos. Jokowi-Ma’ruf pun menang telak dari Prabowo-Sandi.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf meraup sebanyak 212 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi cuma 19 suara. Jumlah suara sah di TPS 28 Kelurahan Pakulonan yaitu 231 suara dan 1 suara dinyatakan tidak sah karena tidak dicoblos.

Airin mendatangi TPS itu sekitar pukul 08.50 WIB. Ia didampingi anak sulungnya, Tubagus Ghifari Al Chusaeri Wardana.

Hal berbeda terjadi di TPS 03 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. TPS ini merupakan tempat Gubernur Banten Wahidin Halim menggunakan hak pilih. Pasangan Prabowo-Sandi justru unggul dengan meraih 110 suara, sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya memperoleh 51 suara.

Wahidin mencoblos di TPS yang berlokasi di Jalan H Djiran itu bersama sang istri, Ninik Nurhaini Halim, serta beberapa cucunya yang kompak mengenakan baju serba putih. Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Wahidin Halim beberapa kali menyiratkan dirinya sebagai pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Sementara itu, data hasil hitung suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang disusun oleh KPU menunjukkan pasangan Prabowo-Sandi unggul sementara di wilayah pemilihan Provinsi Banten. Data sementara menunjukkan paslon nomor urut 02 itu meraup suara 62,75 persen. Sedangkan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf meraih 37,25 persen suara.

Angka tersebut didapat KPU dari hasil input data perolehan suara TPS hingga pukul 15.15 WIB, Kamis (18/4/2019). Total suara masuk 0.20615 persen atau 69 dari 33.471 TPS. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya