oleh

Jelang Pemungutan Suara Pilkades, Kapolres Bicara Kenetralan Ormas

Tangerang7.com, Cikupa – Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi mengajak anggota organisasi masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Tangerang, terutama saat pemungutan suara.

Ade mengatakan, peran ormas cukup penting dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat. “Peran ormas adalah ikut mengawal Pilkades serentak agar berjalan aman, lancar, dan kondusif,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (29/11/2019).

Ade menekankan, ormas jangan sampai dimanfaatkan calon kades tertentu untuk tujuan mobilisasi massa atau mendekati apalagi mengintimidasi calon pemilih. Secara organisasi, kata dia, ormas sebaiknya berdiri di posisi netral sembari mengawasi Pilkades agar berlangsung dengan jujur dan adil.

Menurut Ade, eksistensi ormas merupakan potensi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi. Sebab, ormas adalah kelompok masyarakat intelektual yang memiliki peran membantu pemerintah agar proses demokrasi berjalan dengan baik.

“Sinergisitas antara pemerintah, aparat hukum, dan ormas adalah kekuatan agar hajat demokrasi tingkat desa ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat,” ujar dia.

Ade berharap, ormas berperan dalam peningkatan literasi politik di masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat tidak mudah terhasut hoaks dan ujaran kebencian serta kampanye hitam. Melalui peran itu, kata dia, ormas sudah turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Ormas harus menjadi pelopor melawan hoaks, politik uang, kampanye hitam, dan ujaran kebencian agar Pilkades damai,” pungkas mantan Kapolresta Pontianak itu.

Diketahui, penyelenggara Pilkades tahun ini di wilayah hukum Polresta Tangerang berjumlah 92 desa. Sejak Kamis (28/11/2019) hingga Sabtu (30/11/2019) merupakan masa tenang. Adapun pemungutan suara akan digelar pada Minggu (1/12/2019). (rls/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya