oleh

Jangan Lupa, Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Tangerang7.com, Tangerang – Hari ini, Kamis (26/12/2019), akan terjadi gerhana matahari. Fenomena ini dapat disaksikan di wilayah Indonesia.

Dirangkum dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Sehingga, cahaya matahari tidak semuanya sampai ke bumi.

Pada tahun 2019, diprediksi terjadi lima kali gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Terakhir pada tahun ini adalah gerhana matahari cincin (GMC).

GMC terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Pada saat itu pula piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

“Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya,” tulis akun Twitter @infoBMKG sebagaimana dikutip Tangerang7.com, Kamis (26/12/2019).

Adapun GMC di masa mendatang yang dapat diamati di Indonesia adalah GMC 21 Mei 2031 dan GMC 14 Oktober 2042.

 

Imbauan Salat Kusuf

Sementara itu, Kementerian Agama mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melakukan salat sunah karena terjadinya gerhana matahari atau salat Kusuf.

Dalam rilis Kementerian Agama disebutkan, seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana matahari ini. Awal gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 10.34 WIB, puncak gerhana pada pukul 12.17 WIB, dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB.

“Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunah gerhana matahari atau yang disebut salat Kusuf,” ujar Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi sebagaimana dilansir Kompas.com.

Di Indonesia, GMC akan melewati 25 kota dan kabupaten. Ke-25 wilayah tersebut adalah Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan, Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, serta Siak Sri Indrapura.

Kemudian, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandan Seri Bentan, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjungselor, dan Tanjungredep.

(t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya