oleh

Ini Kata Bang Zul, Persahabatan Bagian dari Aktualisasi Empat Pilar Kebangsaan

Tangerang7.com, Tigaraksa – Anggota DPR/MPR RI Zulfikar Hamonangan, SH mengupas empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya, silaturahmi dan persahabatan.Silaturahmi dan persahabatan yang kokoh merupakan aktualisasi nyata dalam pengalaman Pancasila.

“Empat pilar itu bukan sekadar kita harus menghafal atau sekadar tahu. Tapi, kita harus implementasikan di dalam kehidupan. Termasuk para pemangku kebijakan,” kata Bang Zul, sapaan akrabnya saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kampung Sodong, Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, yang digelar pada Jumat (28/5/2021).

Empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Sodong Bambang, Sekdes, dan tiga pilar Desa Sodong, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang H Dedi Sutardi, Ketua DPD Perkumpulan Angkatan Muda Penggerak Demokrat (AMPD) Provinsi Banten Marsin Arab, Ketua DPC Perkumpulan AMPD H Budi Marwantho, serta para pengurus DPC dan PAC Perkumpulan AMPD di Kabupaten Tangerang.

Dikatakan Bang Zul, ketika seseorang membangun silaturahmi dan persahabatan dengan landasan keikhlasan, diyakini akan membawa keberkahan dan nilai positif bagi seseorang tersebut.

Dalam kesempatan ini, Bang Zul juga menyinggung pentingnya berorganisasi, baik itu organisasi sosial maupun organisasi politik sebagai bagian dari aktualisasi silaturahmi dan persahabatan.

“Selain nilai silaturahmi dan persahabatan, keadilan juga harus diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat, khususnya bagi mereka yang diberi kepercayaan mengelola negara ini. Lalu, apakah nilai-nilai keadilan sudah dirasakan masyarakat,” kata Kepala Badan Pembinaan Jaringan dan Konstituen DPP Partai Demokrat ini.

Bang Zul menegaskan, implementasi empat pilar menjadi tanggung jawab bersama, semua bangsa Indonesia. “Pada akhirnya, yang diinginkan masyarakat adalah sejauh mana implementasi negara terhadap keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Ini masih menjadi persoalan yang harus terselesaikan,” tandas Bang Zul.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang H Dedi Sutardi menyampaikan hal yang sama. “Empat pilar harus bisa dijadikan landasan kita berbangsa dan bernegara. Buku yang diterima para peserta diharapkan bisa dipahami secara mendalam,” kata Dedi yang dalam acara itu sempat menguji salah satu peserta menyebut kelima sila Pancasila.

Ketua DPC Perkumpulan AMPD Kabupaten Tangerang H Budi Marwantho lebih mengingatkan pentingnya silaturahmi dan konsolidasi organisasi. “Perkuat organisasi kita. Perluas hingga ke masyarakat tingkat bawah,” ujar Budi.

Sementara Kepala Desa Sodong Bambang menyampaikan rasa terima kasih kepada Zulfikar dan Dedi yang berkenan berkunjung ke wilayahnya.

Bambang juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena pandemi ini belum berakhir.

Dalam kegiatan ini, para peserta yang merupakan kader Perkumpulan AMPD diberi satu berkas yang berisi empat pilar kebangsaan. Diharapkan, masyarakat bisa mendalami dan mengimplementasikannya. (t7/ist)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya