oleh

Ini Alasan Bupati Tangerang Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Tangerang7.com, Tigaraksa – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyatakan dukungan atas keputusan pemerintah pusat untuk memindahkan kota tempat kedudukan pusat pemerintahan Republik Indoeesia ke Pulau Kalimantan. Menurut dia, hal itu dapat mengurangi tingkat urbanisasi di Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rencana pemindahan ibu kota. Pulau Kalimantan ditunjuk sebagai pengganti DKI Jakarta. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

“Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon rida Allah subhanahu wa taala, dengan meminta izin dan dukungan dari bapak ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita. Ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi, seperti dilansir Metro TV.

Jokowi mengatakan, ibu kota bukan sekadar simbol identitas bangsa. Tetapi, ibu kota merupakan representasi kemajuan bangsa. Menurut dia, pemindahan ibu kota bertujuan untuk pemerataan dan keadilan ekonomi di Indonesia.

“Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” tandas Jokowi.

Menanggapi rencana pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa, Zaki mengaku sangat setuju. Dia mengatakan, kepadatan penduduk dan urbanisasi di Kabupaten Tangerang saat ini makin meningkat. Pasalnya, kabupaten berjuluk kota seribu industri ini merupakan salah satu penyangga DKI Jakarta.

“Soal pemindahan ibu kota sangat mendukung. Mudah-mudahan bisa mengurangi urbanisasi di Kabupaten Tangerang,” ujar Zaki usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada HUT ke-74 RI, di Tigaraksa.

Silakan klik di sini untuk menonton Pidato Kenegaraan Presiden RI pada HUT ke-74 RI saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

(odo/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya