oleh

Imbas Corona, Driver Online di Tangerang Berharap Leasing Gratiskan Cicilan Satu Bulan

Tangerang7.com, Tangerang – Sejumlah driver taksi online di Kota Tangerang berharap perusahaan pembiayaan (leasing) membuat kebijakan kelonggaran pembayaran kredit. Pasalnya, saat ini banyak pengemudi yang mengeluhkan pendapatannya menurun.

Hal itu terjadi karena dampak dari kasus covid-19 yang berujung anjloknya permintaan layanan pada driver taksi online, terutama setelah diberlakukannya kerja dari rumah (work from home).

Rata-rata penurunan itu dikeluhkan hampir oleh semua driver. Budi Amarullah, seorang driver Gocar mengungkapkan sebelum kasus covid-19 mencuat, biasanya bisa mendapatkan kotor Rp 300 ribu tiap harinya, kini untuk Rp 100-150 ribu sulit didapat.

“Order anjlok 50 persen bahkan bisa lebih, apalagi sejak ada kebijakan belajar dan kerja dari rumah. Paling Rp 100 ribu, buat beli bensin itu juga nggak cukup,” tutur warga Pakojan, Kota Tangerang ini kepada Tangerang7.com, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, sebagian besar driver memiliki tanggungan cicilan terhadap leasing. Kredit tersebut merupakan kewajiban yang setiap bulannya harus dipenuhi.

“Sekarang aktivitas masyarakat keluar rumah dibatasi tempo waktu yang lama. Dampaknya order nggak ada, uang nggak ada, untuk bayar cicilan mobil otomatis nggak ada,” ungkapnya.

Baca juga:
Tangani Covid-19, Puskesmas Pamulang Tak Lagi Layani Pengobatan Umum

Senada disampaikan driver Gocar lainnya, Ikhsanul Daud. Ia mengaku sejak ada kasus covid-19 panghasilannya menurun drastis dari sebelumnya. Lebih dari itu, mobil yang ia gunakan pun masih dalam pembiayaan.

“Masalah terbesar kami di sini adalah cicilan mobil. Kami hidup dan cari uang dari antar orang, kalau order nggak ada nggak dapat uang. Bagaimana bisa bayar mobil (cicilan), belum lagi buat makan dan keluarga,” paparnya.

Untuk itu, para driver berharap agar pihak leasing dapat mempertimbangkan kondisi ini. Terutama terhadap kewajiban pembayaran angsuran.

“Kami berharap agar pihak leasing memberi kelonggaran terkait angsuran mobil, minimal digratiskan satu bulan tanpa ada denda. Ini karena imbas corona, kami juga tidak mau seperti ini,” cetus Ikhsan yang diiyakan driver lainnya.

Para driver mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan agar wabah covid-19 tidak meluas, halnya belajar dan kerja dari rumah.

Namun mereka juga berharap pemerintah memberikan imbauan kepada pihak leasing agar bisa memberi kelonggaran terkait kewajiban bulanan para driver karena imbas covid-19. Kebijakan langsung yang tentunya akan berdampak positif kepada para driver. (mad/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *