oleh

Hasil SKD Belum Diumumkan, Begini Penjelasan BKPSDM

TIGARAKSA – Pemerintah Kabupaten Tangerang belum memastikan berapa jumlah calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Alasannya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga saat ini belum merilis peserta yang lulus seleksi kompetensi dasar (SKD).

Kepala Sub Bidang Formasi, Pengadaan, dan Penataan Perencanaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Juhri Saputra mengatakan, ada sebanyak 5.863 peserta SKD CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. Jika mengacu pada ambang batas yang ditentukan pemerintah pusat, maka angka kelulusan hanya 177 peserta atau 3 persen.

“Walaupun belum ada pengumuman resmi, tetapi dapat diketahui tingkat kelulusan berdasarkan Permenpan-RB (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Nomor 37 Tahun 2018. Sebanyak 5.686 tidak lulus passing grade,” ujar Juhri kepada Tangerang7.com, Senin (26/11/2018).

Namun demikian, pemerintah pusat kembali mengeluarkan aturan baru. Sebab formasi CPNS di daerah tidak terpenuhi. Regulasi dimaksud tertuang dalam Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan atau formasi PNS dalam seleksi CPNS tahun 2018.

Peserta seleksi SKD dapat melanjutkan ke tahapan SKB apabila memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Permenpan-RB Nomor 37 Tahun 2018. Jika tidak memenuhi nilai ambang batas namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif, berhak juga mengikuti SKB.

“Lebih rinci dijelaskan pada pasal 3 Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018 mengenai nilai kumulatif paling rendah. Misalnya untuk formasi umum paling rendah 255,” tandas Juhri.

Sementara nilai kumulatif untuk lulusan terbaik (cumlaude) dan diaspora paling rendah 255, formasi tenaga guru dan tenaga medis atau paramedis dari eks tenaga honorer Kategori 2 (K2) paling rendah 220.

“Intinya, kita masih menunggu pengumuman resmi dari BKN. Nanti diumumkan juga di tingkat daerah,” pungkas Juhri. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya