oleh

Hasil Hitung Suara KPU: Prabowo Unggul Sementara di Banten

Tangerang7.com, Tangerang – Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul sementara di wilayah pemilihan Provinsi Banten. Itu ditunjukkan dalam data hasil hitung suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Data sementara menunjukkan pasangan nomor urut 02 itu meraup suara 64,83 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 35,17 persen suara. Angka itu didapat KPU dari hasil input data perolehan suara tempat pemungutan suara (TPS) hingga pukul 10.45 WIB, Kamis (18/04/2019).

Secara akumulasi, Prabowo-Sandi unggul sementara di Banten. Tapi di Kota Tangsel, data sementara menunjukkan pasangan yang diusung Koalisi Adil Makmur ini mengalami kekalahan.

Di kota ini, perolehan sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 37,17 persen suara. Sedangkan perolehan sementara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 62,83 persen suara.

Perolehan suara ini masih akan terus berubah setiap jam. Karena hingga berita ini ditayangkan, baru 0,05975 persen suara yang dilaporkan dari TPS ke KPU.

Pengiriman Kotak Suara - Tangerang7.com
Petugas mengangkut kotak suara dari kantor Kelurahan Cikokol untuk dikirim ke kantor Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (18/04/2019). (Foto: Fandy Achmad/ Tangerang7.com)

Di Kota Tangerang, hingga pukul 10.45 WIB, petugas pemungutan suara masih menunggu kotak suara dari beberapa TPS yang belum diserahterimakan di kantor kelurahan. Seperti di Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

“Masih ada kotak suara yang belum sampai ke kelurahan. Nanti begitu sampai, langsung dibuatkan berita acara dan langsung dikirim ke kecamatan,” kata seorang petugas kepada Tangerang7.com.

Pengiriman kotak suara dari kantor kelurahan menuju kantor kecamatan ini mendapat pengawalan personel TNI dan polisi bersenjata api. Sejumlah relawan dan saksi parpol juga ada yang mengawasi proses pengiriman kotak suara tersebut.

“Kami akan mengawal kotak suara sampai ke KPU agar tidak ada peluang kecurangan,” kata salah seorang relawan.

Sementara dalam tayangan video yang beredar di media sosial, Calon Presiden Prabowo Subianto telah mengklaim kemenangan di Pemilu Presiden 2019. Di hadapan para pendukungnya tadi malam, Prabowo juga menyatakan diri sebagai presiden terpilih.

Prabowo kembali mengklaim bahwa dirinya unggul dengan merujuk pada hasil real count internal pada lebih dari 320 ribu TPS dari total lebih dari 800 ribu TPS. Dari hasil real count itu, Prabowo-Sandi telah memperoleh 62 persen suara.

“Saya sudah diyakinkan oleh ahli-ahli statistik bahwa ini tidak akan berubah banyak. Bisa naik atau turun 1 persen,” katanya seperti dalam tayangan video tersebut, Rabu (17/04/2019) malam.

Dengan berbasis pada real count internal tersebut, Prabowo juga mendeklarasikan diri sebagai presiden terpilih. “Saya sudah dan akan menjadi Presiden Indonesia,” katanya.

Usai memberikan pernyataan tersebut, Prabowo langsung bersujud syukur dengan para anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan pendukungnya.

Meski demikian, Prabowo tetap meminta kepada pendukungnya untuk menjaga kotak suara. “Sekarang kita jaga kotak suara di kecamatan-kecamatan terutama C1,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengimbau pendukungnya agar tidak terprovokasi. “Kita tidak akan pakai cara-cara yang melawan hukum karena kita sudah menang,” katanya. (fdy/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya