oleh

Harga Bawang Putih Naik, Disperindag Usulkan Operasi Pasar

Tangerang7.com, Tangerang – Harga bawang putih terus merangkak naik hingga menembus Rp70 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram. Kenaikan terjadi secara bertahap sejak sebulan terakhir dari harga Rp25 ribu – Rp30 ribu per kg. Pemkot Tangerang menyiapkan operasi pasar bawang putih untuk menekan harga.

“Naiknya (kenaikan harga) sudah terjadi sejak bulan lalu. Naiknya seminggu Rp5.000 per kg. Bahkan seminggu terakhir, harga naiknya sampai 3 kali,” kata beberapa pedagang sayuran di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Jumat (3/5/2019) sore.

Kenaikan harga bawang putih juga terjadi di Pasar Ciledug. “Saya ngambil di Pasar Induk Tanah Tinggi sudah begitu (mengalami kenaikan). Yah saya terpaksa menaikkan harga juga,” jelas Sam, seorang pedagang Jumat sore.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Agus Sugiono mengatakan, kenaikan harga itu dikarenakan tingginya permintaan. Adapun stok bawah putih masih tersedia di pasaran.

“Dampak psikologis musiman ini karena ada permintaan jumlah konsumsi, ekstrem kenaikannya ada di bawang putih,” kata Agus.

Menurut Agus, pihaknya sudah membahas bersama Kementerian Perdagangan dan Dinas Perdagangan Provinsi Banten. Dalam pembahasan menghasilkan usulan rencana operasi pasar bawang putih.

“Sedang mengusulkan bahwa ada operasi pasar bawang putih. Dari sana nanti koordinasi dengan Bulog dan importir, mudah-mudahan segera ditindaklanjuti,” tutur Agus.

Agus menyampaikan sementara ini Disperindag masih akan terus memantau perkembangan harga dan pasokan dari distributor yang bisa berdampak pada stok yang tersedia. (odo/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya