oleh

Harga Bawang Merah di Tangerang Naik Rp10 Ribu

Tangerang7.com, Tangerang – Harga bawang merah di pasaran melonjak menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Di Pasar Anyar, Kota Tangerang, kenaikan harga komoditas ini mencapai Rp10 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Suharman mengatakan, kenaikan harga terjadi menjelang perayaan natal dan tahun baru karena konsumsi relatif tinggi.

Dia menyebut, harga bawang merah kini menyentuh angka Rp40 ribu per kilogram. Biasanya, hanya Rp30 ribu per kilogram.

“Bawang naiknya cukup besar, Rp10 ribu per kilo,” ujar Abduh sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/12/2019).

Selain bawang merah, harga telur ayam juga mengalami kenaikan. Dua minggu sebelumnya, kata Abduh, harga telur masih di angka Rp24 ribu per kilogram.

“Selama dua minggu berturut-turut (naik) seribu. Minggu kemarin jadi Rp25 ribu, minggu ini Rp26 ribu,” jelas dia.

Adapun harga daging ayam masih relatif stabil di kisaran Rp36 ribu per kilogram. Kalaupun ada kenaikan, lanjut dia, masih dalam tahap terjangkau.

“Masih bisa dijangkau. Perbandingan harga minggu lalu tidak naik,” ucap Abduh.

Dia memastikan, kenaikan harga pangan tersebut tidak akan terjadi terlalu besar sepanjang pasokan masih tercukupi. Pasokan sumber pangan dipastikan tetap terjaga. Namun demikian, Abduh tidak mengetahui secara pasti berapa stok bahan pangan menjelang natal dan tahun baru.

“Sumber-sumber pasokan baik yang ada di Jawa maupun Sumatera kondisi relatif tersedia. Jumlah total enggak paham, tapi yang jelas tercukupi,” kata dia. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya