oleh

Halaman Kontrakan di Ciputat Timur Ambles, Diduga Akibat Tanah Gembur

Tangerang7.com, Ciputat Timur – Halaman rumah kontrakan Wisma Indah di Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, ambles. Kejadian itu pada Rabu (26/11/2019) pukul 05.30 WIB.

Empat unit sepeda motor milik penghuni rumah kontrakan terperosok ke dalam lubang dengan kedalaman lebih kurang 2 meter dan lebar 3 meter. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

Halaman rumah kontrakan itu ambles diduga karena tanahnya gembur atau lunak. Sebab, sebelumnya posisi tanah tersebut miring dan kemudian dibuat rata.

“Kalau dugaan sih sepertinya tanah ini mungkin gembur. Karena sebelumnya kan ini tanah kosong yang posisinya miring terus dibuat rata, saya juga pekerjanya saat itu. Mungkin tergerus air,” ujar salah satu warga setempat, Sugiyono.

Selain tanahnya gembur, Sugiyono menduga masih ada sisa-sisa akar pohon pisang yang sebelumnya tertanam dapat menyerap air hingga menjadi beban.

“Pohon pisangnya tak suruh buangi enggak tahu dimasuki di resapan atau apa. Terus diuruk, barang kali amblesnya di pas bonggol pisang itu. Ini resapan dulu kan ada sumur gitu,” kata dia sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Menurut Sugiyono, amblesnya tanah itu baru pertama kali terjadi sejak lebih dari lima tahun kontrakan tersebut berdiri.

“Baru pertama kali terjadi. Untungnya juga amblesnya di pelataran, alhamdulillah tidak ada korban juga,” ucap dia. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya