oleh

Gugus Tugas Pemkab Tangerang Pantau Protokol Kesehatan PT Adis

Tangerang7.com, Balaraja – Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid memantau penerapan protokol kesehatan di PT Adis Dimension Footwear (ADF), Jalan Raya Serang, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jumat (19/6/2020).

Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi yang juga menjabat Ketua SPSI Kabupaten Tangerang.

Mereka disambut President Director PT Adis Dimension Footwear Margaret Vikta dan H Nunung Riyanto.

Berdasar keteragan tertulis dari Dinas Kominfo Kabupaten Tangerang, setibanya di PT Adis, sekira pukul 06.30 WIB, Sekda memantau penerapan protokol kesehatan di pabrik yang memproduksi sepatu olahraga tersebut. Mulai dari masuk pintu gerbang, dilakukan pengecekan suhu badan, kewajiban bagi karyawan menggunakan masker, dan hand sanitizer.

Rudi Maesyal, sapaannya, mengatakan, peninjauan ini atas dasar perintah Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang juga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

“Kami meninjau langsung protokol kesehatan di PT Adis, sejauh mana penerapannya ” ungkap Rudi.

Penanganan covid-19 di PT Adis dilaksanakan, sejak awal setelah ditemukan karyawannya yang reaktif.

“Telah dilakukan penanganan secara intensif. Saat ini karyawan tersebut telah diswab dan kita bawa ke rumah singgah Griya Anabatic. Swab test kedua negatif dan pasien pun sudah dipulangkan dari rumah singgah pada Kamis (18/6/2020) dan wajib karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Setelah kita tinjau, protokol kesehatan ketat harus terus diterapkan PT Adis. Nantinya kami akan laporkan ke Pak Bupati untuk pengambilan keputusan final,” ungkap Rudi.

President Director PT Adis Dimension Footwear Margareth Vikta mengungkapkan, pihak manajemen sangat mengedepankan jiwa dan keselamatan seluruh karyawannya. “Terbukti, satu divisi kita sudah liburkan. Protokol kesehatan kami jalankan sejak Januari 2020. Kami komitmen untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan seluruh karyawan. Untuk itu, upaya kita dalam penerapan protokol kesehatan sangat dijaga,” katanya.

BACA JUGA:  Bupati Tangerang Tinjau Protokol Kesehatan Masjid di Kawasan Puspem

Kata Vikta, sejak ada karyawan yang reaktif, pihaknya langsung melakukan karantina lokal. Satu area divisi di area produksi itu diliburkan sejak Senin lalu dan semua karyawan yang jumlahnya 958 sudah dilakukan rapid test. Hasilnya tidak reaktif.

Sejak awal, semua area perusahaan wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah.

“Terima kasih kepada tim gugus tugas yang datang saat ini. Kami terus mengikuti panduan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Ketua Umum Satgas Covid-19 PT Adis Dimension Footwear H Nunung Riyanto menambahkan, pihaknya telah melakukan rapid test kepada seluruh karyawan di area chemical/press rubber. “Hasilnya negatif,” kata Nunung yang juga menjabat Human Capital Director PT Adis Dimension Footwear.

Sejak Rabu (17/6/2020), pihaknya menghentikan kegiatan operasional dan meliburkan karyawan di area chemical/press rubber. Mereka diminta istirahat dan terus diberi motivasi agar tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan diri. Karyawan kami yang dirawat di Griya Anabatic sudah pulang sejak Kamis 18 Juni 2020, karena berdasarkan pemeriksaan swab yang telah dilakukan dua kali, hasilnya negatif,” katanya.

Kata Nunung, secara internal, PT Adis juga telah melakukan rapid test secara bertahap terhadap karyawan dan hasilnya negatif. Upaya yang dilakukan perusahaan, melakukan beberapa hal, seperti sterilisasi di seluruh area kerja karyawan yang bersangkutan sejak 7 Juni 2020, rapid test terhadap rekan kerja yang bersangkutan pada 8 Juni 2020, sterilisasi ke seluruh area perusahaan pada 14 Juni 2020, dan rapid test secara selektif ke karyawan di beberapa area produksi.

Nunung menjelaskan, PT Adis juga menonaktifkan area kerja karyawan bersangkutan dengan menutup operasional empat line press di area karyawan.

“Kami memberikan dukungan moril dan spiritual kepada yang bersangkutan dan keluarga, memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok serta vitamin untuk meningkatkan stamina selama masa karantina,” kata Nunung.

BACA JUGA:  Kota Tangsel Resmi Perpanjang PSBB Hingga 12 Juli 2020

Ketua DPC SPSI Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi yang juga anggota DPRD Kabupaten Tangerang menambahkan, kondisi wabah covid-19 di seluruh negara, khususnya di Kabupaten Tangerang sangat memprihatinkan. Dampaknya sangat terasa, baik ekonomi, sosial hingga tatanan masyarakat.

Diakuinya, PT Adis telah melaksanakan protokol kesehatan sejak awal dan telah melakukan rapid test, yang semua hasilnya non reaktif atau negatif. Ini artinya di lingkungan PT Adis sangat memperhatikan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. (rls/t7/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya